Sabtu, Agustus 26, 2017

Resmi Dilantik, Anggota Panwaslu Kabupaten/Kota di Jabar Mulai Awasi Pilkada

Resmi Dilantik, Anggota Panwaslu Kabupaten/Kota di Jabar Mulai Awasi Pilkada
RAKYATSUBANG.COM - Sebanyak 81 Anggota Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu0 di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat yang dinyatakan lolos secara resmi dilantik di aula Hotel Grand Royal Panghegar, Kota Bandung, Jabar, Jumat (25/8/2017).
Pealntikan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Anggota Bawaslu Jabar, Drs. Wasikin Marzuki dan Yusup Kurnia serta Kepala Sekretariat Bawaslu Jabar, Drs. Eliazar Barus, M.Si. disamping itu juga unsur muspida Jawa Barat, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota dan Ketua KPU Jabar hadir beserta seluruh KPU se-Jawa Barat.
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat Dr. Harmanius Koto menuturkan, dengan pelantikan tersebut, Panwaslu Kabupaten /kota sudah resmi mengemban tugas sebagai bagian dari penyelenggara pesta demokrasi pemilihan kepala daerah di Jawa Barat 2018 mendatang.
“Dengan ini resmi sudah menjadi panwas kota/kabupaten untuk mengawasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah, pemilihan gubernur, legislatif dan gubernur,” kata Harminus.
Pemilihan anggota Panwaslu tersebut dalam rangka menghadapi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta 10 Bupati/wakil Bupati dan 6 Walikota/Wakil Walikota serentak di Jawa Barat Tahun 2018 dan menghadapi Pemilihan Legislatif serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 yang tahapannya dimulai Tahun 2017,
Harminus.mengucapkan selamat kepada seluruh anggota Panwaslu Kabupaten/Kota yang terpilih. Dengan pelantikan anggota Panwaslu Kabupaten/Kota di Jawa Barat maka pengawasan Pemilu di tingkatan Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota serta Pemilu Legislatif dan Pilpres dapat mulai efektif dijalankan.
“Tugas Panwaslu Kabupaten/Kota sudah menanti dihadapan kita. Selain mengawasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah, juga beririsan dengan Pengawasan Tahapan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019. Oleh karena itu kami berharap Anggota Panwaslu yang dilantik ini dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya dengan menjaga nilai-nilai Integritas, Indepedensi dan Profesionalitas,” jelas Harminus.
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyampaikan selamat kepada seluruh anggota Panwaslu Kota/Kabupaten yang dilantik untuk selanjutnya melaksanakan tugas dengan baik.
“Anggota panwas ini adalah amanah untuk dilaksanakan sebenarnya-benarnya karena telah disumpah di hadapan Tuhan, di hadapan manusia,” kata Gubernur yang akrab disapa Aher itu.
Ia berharap selama tahapan pilkada kota/kabupaten, gubernur, presiden dan legislatif tidak ada kecurangan atau ketidakadilan dalam melaksanakan pesta demokrasi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resmi Dilantik, Anggota Panwaslu Kabupaten/Kota di Jabar Mulai Awasi Pilkada