ads

» » Kabid Kebudayaan Usulkan Tugu Setum DIganti Dengan yang Lebih Bernilai Budaya Subang

Kabid Kebudayaan Usulkan Tugu Setum DIganti Dengan yang Lebih Bernilai Budaya Subang
RAKYATSUBANG.COM – Ada harapan besar ketika kini bidang Kebudayaan di Kabupaten Subang kembali bernaung dibawah satu nomenklatur bersama dinas pendidikan, yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).

Dengan nomenklatur baru ini diharapkan program-program Dikbud di Kabupaten Subang akan lebih padu dengan program pemerintah pusat yang memang sudah terlebih dahulu bernomenklatur Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Satu hal yang penting dengan penggabungan ini adalah penerapan nilai-nilai budaya lokal akan lebih mudah tersosialisaikan sejak dini melalui jenjang pendidikan formal.

Hal ini merupakan salah satu prioritas bidang Kebudayaan, Disdikbud Kabupaten Subang seperti diungkapkan Kabid Kebudayaan Didin Mahpudin, M.Pd kepada kotasubang.com, diruang kerjanya, Kamis sore (12/1/2017).

“Salah satu prioritas kami adalah mengangkat nilai-nilai budaya, bersimbiosis dengan (bidang) pendidikan.” ujarnya.

Nantinya nilai-nilai budaya termasuk di dalamnya seni, nilai-nilai sejarah dan cagar budaya akan menjadi sumber ajar di sekolah-sekolah baik itu melalui mulok maupun dimasukkan ke dalam mata pelajaran tertentu.

Saat ini pihaknya juga tengah mengintensifkan inventarisasi data kebudayaan Subang yang nantinya akan dibuatkan peta budaya Subang dalam bentuk poster atau buku sehingga akan lebih mudah disosialisasikan baik kepada pelajar maupun masyarakat luas. Inventarisasi data kebudayaan tersebut diantaranya dilakukan dengan silaturahmi budaya ke berbagai situs budaya di Kabupaten Subang setiap minggu.

Sosialisasi nilai-nilai budaya ini juga dilakukan dengan pembangunan ikon-ikon budaya Subang di tempat-tempat umum.

“Saya juga akan mengusulkan perubahan tugu setum menjadi tugu yang lebih bernilai budaya Subang,” ungkapnya.

“Selain itu aksara sunda juga akan mulai diperkenalkan kembali di setiap lingkungan," lanjut Dindin.
Kabid Kebudayaan Usulkan Tugu Setum DIganti Dengan yang Lebih Bernilai Budaya Subang
Langkah selanjutnya adalah melakukan gerakan masif penerapan nilai-nilai budaya melalui berbagai cara dan media. Selain itu akan dilaksanakan pagelaran kreativitas siswa secara berkala bergiliran setiap UPTD pada hari-hari tertentu di tempat umum seperti Wisma Karya.
Mengenai ruang kreativitas seni ini, pihaknya juga akan segera mengusulkan kepada Pemprov Jabar untuk membangun gedung Kebudayaan di Subang.


Bebagai program prioritas bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Subang ini sejalan dengan arah kebijakan Kemendikbud tahun 2017 yaitu meningkatkan pemahaman publik akan arti penting dari nilai-nilai luhur sejarah dan budaya bangsa dan relevansinya bagi kehidupan masakini dan meningkatkan pendidikan seni dan budaya sejak usia dini dan menyediakan sarana dan prasarana kesenian baik untuk keperluan produksi maupun apresiasi, mengembangkan sistem registrasi dan pengelolaan warisan budaya yang efektif, membuka pusat-pusat kegiatan seni dan budaya (rumah budaya) di daerah pinggiran, meningkatkan promosi budaya antar daerah.

Follow @rakyatsubang

Anindya Fauziah

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama