ads

» » Habib Rizieq Ditetapkan Sebagai Tersangka

Habib Rizieq Ditetapkan Sebagai Tersangka
RAKYATSUBANG.COM  -  Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab resmi ditetapkan sebagai tersangka penghinaan lambang negara, Pancasila dan pencemaran nama baik Presiden pertama RI Soekarno oleh Polda Jawa Barat (Jabar), Senin (30/1/2017).

Kepada wartawan Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus menegaskan pihaknya sudah melakukan gelar perkara yang berlangsung sekitar tujuh jam, dimulai sekitar pukul 11.00 WIB dan berakhir 18.00 WIB. Dengan selesainya gelar perkara Rizieq lalu ditetapkan sebagai tersangka.

“Berdasarkan hasil gelar perkara ketiga, kesimpulannya unsur tentang penghinaan lambang negara dan pencemaran nama baik terpenuhi dan penetapan RS dari saksi kami naikkan menjadi tersangka,” kata Yusri di Polda Jabar, Kota Bandung.

Sebelumnya Rizieq dilaporkan oleh Sukmawati Soekarnoputri ke Mapolda Jabar atas tuduhan menghina pancasila. Setelah mendapat laporan pihak kepolisian langsung memproses kasus tersebut, hingga pada hari ini Rizieq resmi menjadi tersangka.

"RS dikenakan pasal 154 a KUHPidana dan pasal 320 KUHP," katanya.

Meski berstatus tersangka, Rizieq tidak ditahan. Sebab, sesuai peraturan, dua pasal tersebut hanya membebankan hukuman kurungan penjara di bawah lima tahun.

Follow @rakyatsubang

Anindya Fauziah

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama