ads

» » Jumlah Pengidap HIV/AIDS Menurun

Jumlah Pengidap HIV/AID Menurun
RAKYATSUBANG.COM - Pada tahun 2016 Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Subang mengklaim jumlah temuan kasus baru HIV/AIDS mengalami penurunan.

Sekretaris Dinkes Kabupaten Subang Dwinan Marchiawati, mengatakan saat ini berdasarkan catatan selama bulan Januar hingga September 2016, temuan kasus baru mencapai 146 orang. Sedangkan untuk tahun 2015 mencapai 234 orang.

“Kasus HIV/AIDS di Subang itu, selama bulan Januari hingga September kemarin, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ada penurunan,” kata Dwinan Marchiawati, Sabtu (3/12/2016).

Sedangkan untuk total pasien HIV/AIDS hingga kini sebanyak 1.276 orang. Jumlah tersebut, menurut Dwinan masih relatif kecil karena saat ini kesadaran masyarakat belum sesuai harapan, walapun sudah ada peningkatan tetapi masih banyak yang belum bersedia menjalani test HIV/AIDS.

“Sekarang kesadaran masyarakat sudah mulai ada perubahan signifikan, di antara masyarakat mau memeriksakan diri, tetapi jumlahnya masih jauh dari harapan,” katanya.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, saat ini Dinkes terus berupaya mengoptimalkan penyuluhan dan pelayanan di puskesmas. Dengan berbagai upaya yang ditempuh pihaknya berharap masyarakat bisa semakin membuka diri.

“Kita sudah siapkan 40 Puskesmas di 30 Kecanatan, untuk melayani masyarakat, baik itu untuk melakukan tes HIV/AIDS, maupun untuk melakukan pengobatan, kita maksimalkan semunaya,” pungkas Dwinan. (mj)


Follow @rakyatsubang

Anindya Fauziah

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama