ads

» » Deklarasi Desa ODF di Desa Padamulya, Cipunagara

Deklarasi Desa ODF di Desa Padamulya, Cipunagara
RAKYATSUBANG.COM - Senin (19/12/2016) pukul 10.00 WIB bertempat di Desa Padamulya Kecamatan Cipunagara Kab.Subang dilaksanakan Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. 

Acara ini dihadiri oleh Plt Bupati Subang Hj.Imas Aryumningsih SE, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kab. Subang H.Sumasna ST, M.Mum, Camat Cipunagara Suparjan S.Sos, perwakilan Camat se - Kab. Subang, para Kapolsek dan Danramil. 

Dalam laporannya Camat Cipunagara Suparjan S.Sos mengucapkan terima kasih kepada Plt Bupati Subang yang telah hadir dalam deklarasi ODF.

Ini sebagai momen untuk masyarakat agar mencintai kebersihan dengan tidak melakukan buang air besar sembarangan. 

Selanjutnya Plt Kepala Dinas Kesehatan H.Sumasna menjelaskan bahwa ada 147 desa di 6 Kecamatan masih kategori desa ODF dengan itu mengharapkan ke depan bisa berkurang dan mempunyai jamban di setiap rumahnya. Semua ini perlu dukungan dari masyarakat, pemerintah lokal dan pemerintah Kabupaten. 

Diupayakan strategi agar menciptakan sanitasi yang layak dan penyediaan air bersih. Dengan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat mewujudkan desa menuju STBM (Sanitasi Total Berbasis masyarakat).

Selanjutnya Plt Bupati Subang Hj.Imas Aryumningsih SE menyampaikan sejalan dengan Kegiatan Deklarasi ODF atau Stop Buang Air Besar Sembarangan yang sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Subang yakni gapura serasi atau gerakan pembangunan untuk rakyat sehat, rapih dan bersih. Selain melalui gerakan stop buang air besar sembarangan  di Kabupaten Subang sudah ada 147 Desa ODF dan 240 Desa sudah melaksanakan gerakan sanitasi total berbasis masyarakat.

Perubahan perilaku masyarakat ini harus terus disosialisasikan kepada masyarakat. Sosialisasi ini harus dididik sejak usia dini  sehingga dibutuhkan peran Camat, Kepala Desa, Kepala Puskesmas untuk menyukseskan gerakan stop buang air besar sembarangan. 

Selanjutnya diakhir acara dilaksanakan penandatangan berita acara oleh Plt Bupati Subang didampingi Plt kepala Dinas Kesehatan Kab.Subang, para camat, Kepala Puskesmas, dan kepala desa mengenai deklarasi ODF atau stop buang air besar sembarangan. [HUMAS]

Follow @rakyatsubang

Anindya Fauziah

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama