ads

» » Rapat Pembentukan Tim Iklim Kabupaten Subang

RAKYATSUBANG.COM - Plt Bupati Subang Hj.Imas Aryumningsih SE melepas peserta gerak jalan Santai di halaman Kantor Bupati kamis (24/11/2016) dalam Rangka Hari Ulang Tahun Korpri, Hari Ulang Tahun PGRI dan Hari Kesehatan Nasional (HKN).
RAKYATSUBANG.COM - Kamis (24/11/2016) Pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Subang dilaksanakan rapat dalam rangka penanggulangan resiko atas terjadinya iklim terhadap produksi pertanian, peternakan, perikanan, serta pembentukan tim iklim Kabupaten Subang. 

Acara ini dihadiri oleh Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Drs. Mochammad Solihin, Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Drs. Ahmad Drajat, M.Si., Kepala Bidang Program Dinas Pertanian Tanaman Pangan Muhammad Makmur, S.Sos., serta hadir sebagai narasumber tim dari IPB Dr. Ferdinan, Dr. Rini Hidayati, Dr. I Putu Santikayan, Dr. Rahmat Hidayat, Yon Sugiarto, M.Sc. 

Menurut Drs Mochammad Solihin Kabid Ekonomi Bappeda menyampaikan iklim mempengaruhi faktor produksi dan dapat menjadi faktor bencana alam. Keberadaan iklim harus dipelajari agar bisa beradaptasi, oleh karena itu iklim harus diperhatikan karena pengaruhnya sangat besar, dengan membentuk tim iklim Kab. Subang agar bisa mensosialisasikan kepada masyarakat juga dapat menangkap peluang terhadap perubahan iklim. 

Selanjutnya menurut Dr. Ferdinan dari IPB memaparkan bahwa strategi manajemen pertanian berbasis iklim penguatan ketahanan masyarakat terhadap perubahan iklim diperlukan. Karena iklim yang baik akan menghasilkan produksi pertanian yang baik. Diperlukan peningkatan pengetahuan dan kapasitas penggunan, pemanfaatan profil iklim, interpretasi daerah wilayah iklim saat ini, perencanaan strategi adaptasi untuk mengatasi bencana terkait iklim. 


Selanjutnya Dr. Rini Hidayati menyampaikan bahwa iklim bersifat dinamis, ada kalanya iklim dapat menguntungkan dan ada kalanya merugikan, iklim memiliki pengaruh yang sangat luas (pertanian dalam arti luas, pemenuhan kebutuhan air dan industri dan rumah tangga). 

Diperlukan kelembagaan yang handal termasuk dalam menyusun perencanaan pembangunan. Langkah yang perlu dilakukan pahami kondisi iklim daerah Kab. Subang yang terdiri dari wilayah dataran tinggi sampai dataran rendah, musim kemarau sampai penghujan. [HUMAS]

Follow @rakyatsubang

Rakyat Subang

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama