Mang Eep Bantah Terima Uang Rp 2,4 Miliar Dari Heri Tantan

Mang Eep Bantah Terima Uang Dari Heri Tantan

Mang Eep Bantah Terima Uang Dari Heri Tantan
RAKYATSUBANG.COM - Mantan Bupati Subang, Eep Hidayat membantah telah menerima uang dengan total sebesar Rp2,4 miliar dari mantan Kabid Pengadaan BKD Subang, Heri Tantan. Pria yang akrab disapa Mang Eep itu beralasan, saat itu dirinya masih dalam masa hukuman selama 5 tahun lebih di Lapas Sukamiskin karena terjerat kasus korupsi. 

“Saya tidak tahu, dan saya tidak menerima uang, saya hanya menerima sepatu dan raket yang saat itu diserahkan melalui petugas lapas,” ungkap Mang Eep saat menjadi saksi dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung dengan terdakwa Bupati Subang nonaktif, Ojang Sohandi, Rabu (9/11/2016).

Seperti diketahui, dalam kesaksian sebelumnya, Heri Tantan (HT) menyebutkan telah menyerahkan uang kepada Eep Hidayat atas perintah Kepala BKD Subang, Nina Herlina. Uang itu diserahkan secara 4 tahap, ada yang melalui transfer bank, ada juga yang melalui mantan ajudan Eep bernama Sandi.
Namun demikian, pernyataan Heri Tantan ini juga dibantah Ketua Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Subang, Nina Herlina. Dalam kesaksian yang sama, Nina menyebutkan pernyataan bawahannya itu tidak benar. 

“Tidak ada perintah penyerahan uang kepada siapa pun, itu inisiatif Heri Tantan sendiri,” tuturnya di hadapan majelis hakim.


Nina juga mengaku tak tahu menahu sumber uang Heri Tantan. 

“Kalo ditanya soal uang, jawabnya selalu ‘pokoknya ada,” ungkap Nina menirukan ucapan Heri Tantan.


Nina juga mengatakan, selama menjabat sebagai Kepala BKD, Heri Tantan tak pernah melaporkan soal keuangan kepada dirinya. 

“Heri Tantan itu tidak pernah laporan ke saya. Saya tahu ada bagi-bagi uang seperti ini, baru tahu sekarang, setelah diperiksa KPK,” jelasnya.


Namun ia juga tidak membantah telah menerima sejumlah uang dari Heri Tantan, termasuk pembelian mobil Mazda. 

“Harga mobilnya Rp400 juta. Pembelian mobil itu sebagian menggunakan uang saya. Saat itu Heri Tantan juga beli buat istrinya. Dia beli Fortuner,” ucapnya.


Tak hanya itu, Nina juga mengaku telah menjalankan ibadah umroh sebanyak dua kali dengan menggunakan uang yang diterima dari Heri Tantan.
Selain Eep Hidayat dan Nina Herlina, sidang juga menghadirkan Deni Satrio dan Irmanto. Deni merupakan tenaga honorer di BKD, yang selama ini menjadi kepercayaan Heri Tantan. Sementara Irmanto merupakan oknum yang mengaku petugas KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).
Dalam keterangannya, Deni mengaku hanya bertugas mencatat pemasukan dan pengeluaran uang yang dilakukan Heri Tantan. Namun demikian, Deni mengaku, semua catatan penyerahan uang kepada sejumlah pejabat yang disimpan dalam laptop itu, tak semuanya ia saksikan.

“Saya hanya mencatat saja yang diperintahkan pak Heri Tantan,” jelasnya.


Dalam catatan di laptop yang kini disita KPK itu, kata Deni, disebutkan ada penyerahan uang kepada sejumlah pejabat, diantaranya kepada Bupati Subang nonaktif Ojang Sohandi, Kepala BKD Nina Herlina, sejumlah LSM dan Ormas, serta mantan Bupati Eep Hidayat. Meski kemudian, keterangan Deni ini dibantah para pihak yang disebutkan.
Sementara Irmanto dalam keterangannya, membenarkan pernah mengaku sebagai pegawai KPK bidang pencegahan. Atas pengakuannya itu, ia telah menerima uang sebesar Rp500 juta dari Ojang Sohandi. Uang diserahkan sebanyak 2 tahap, masing-masing sebesar Rp400 juta dan Rp100 juta. 

Uang itu digunakan untuk membeli mobil senilai Rp350 juta, Rp90 juta digunakan membeli tiga ekor burung muray dengan harga Rp30 juta per ekor, dan sisanya digunakan untuk kebutuhan keluarga.
Pria kelahiran Medan itu menjelaskan, perkenalannya dengan Ojang Sohandi berawal saat adiknya tertipu oleh oknum pejabat di Kabupaten Subang.

“Saat itu adik saya sudah menyerahkan uang untuk pekerjaan (proyek, red), namun pekerjaan itu tidak pernah ada,” tuturnya.


Tak butuh waktu lama, Ia pun berkenalan dengan Heri Tantan melalui seorang teman. Melalui Heri Tantan pula lah ia kemudian kenal dengan terdakwa Ojang Sohandi.

 “Saat itu pak Heri Tantan bercerita bahwa pak Ojang sedang ada masalah kasus. Saat itu saya sering memberi masukan,” jelas Irmanto.


Latar belakang pendidikannya sebagai Sarjana Hukum, diakui Irmanto, menjadi modal dengan mudah ia dipercaya Ojang dan Heri Tantan. Selama berkenalan dengan Ojang, ia mengaku pernah bertemu sebanyak 4 kali dengan Bupati Subang nonaktif tersebut. 

“Terakhir bertemu di Mall Paris Van Java,” kata Irmanto.


Pada beberapa pertemuan itu, kata Irmanto, Ojang sempat bercerita sedang mendapat masalah atas dugaan kasus yang sedang ditangani lembaga penegak hukum di Kabupaten Subang. Karena kasus tersebut, Ojang dimintai uang oleh petugas penegak hukum. 

“Saya sempat menelpon pejabat di Kejaksaan Negeri, meminta agar kasus itu tidak dilanjutkan,” pungkas Irmanto. 

Follow @rakyatsubang
Nama

Ayo Tebak,2,Berita,344,Bisnis,12,BPJS Ketenagakerjaan,1,Event,13,Feature,1,Fokus,7,Foto,52,Gaya Hidup,1,Hiburan,30,HL,21,Hotel,15,Hukum,13,Humas,10,Info,7,Kebakaran,6,Lintas,3,Lipsus,1,Masak Apa,1,Medsos,56,Mudik Lebaran 2015,19,Nasional,5,Nyindir,1,Olahraga,10,Oleh-oleh Subang,2,Opini,17,Pemerintahan,72,Peristiwa,73,Persib,8,Pilkades,3,Polisi,4,Politik,15,Profil Artis,5,Profil Tokoh,33,Ragam,36,Ramadhan,11,Sekolah,1,Situ,1,Suara Rakyat,2,Surat Pembaca,3,Teknologi,1,Tips,3,TNI,2,Video,7,Wisata,7,
ltr
item
RAKYATSUBANG.com: Mang Eep Bantah Terima Uang Rp 2,4 Miliar Dari Heri Tantan
Mang Eep Bantah Terima Uang Rp 2,4 Miliar Dari Heri Tantan
Mang Eep Bantah Terima Uang Dari Heri Tantan
https://2.bp.blogspot.com/-6osRH49tj08/WCbNl3wjiTI/AAAAAAAACn8/0Sr-ZP-HhSoyaFCFmPtc0OZ9L-uR7aq3gCLcB/s640/eep.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-6osRH49tj08/WCbNl3wjiTI/AAAAAAAACn8/0Sr-ZP-HhSoyaFCFmPtc0OZ9L-uR7aq3gCLcB/s72-c/eep.jpg
RAKYATSUBANG.com
http://www.rakyatsubang.com/2016/11/mang-eep-bantah-terima-uang-rp-24.html
http://www.rakyatsubang.com/
http://www.rakyatsubang.com/
http://www.rakyatsubang.com/2016/11/mang-eep-bantah-terima-uang-rp-24.html
true
6521730541519406406
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy