ads

» » Desa Tanjungwangi Dapat Bantuan dari Korea Lewat Yayasan Saemaul Undong

Desa Tanjungwangi Dapat Bantuan dari Korea Lewat Yayasan Saemaul Undong
RAKYATSUBANG.COM - Bertempat di ruang rapat BPMKB Kab. Subang dilaksanakan pertemuan Kerjasama Program Pemberdayaan Masyarakat dengan Pola Saemaul Undong di Desa Tanjung Wangi Kec. Subang.

Pertemuan ini dipimpin langsung oleh Plt Bupati Subang Hj Imas Aryumningsih dengan diawali perkenalan dari Tim Korea yang tergabung dalam Yayasan Globalisasi Saemaul Undong Indonesia atau Saemaul Undong Globalization Foundation.

Plt Bupati Hj.Imas Aryumningsih SE menyampaikan bahwa Kab Subang sudah melaksanakan kerjasama dengan korea dalam bentuk peningkatan kesehatan. 

Kerjasama dengan saemaul undong ini sedikit berbeda karena kerjasama yg terjalin adalah dalam bentuk pemberdayaan dimana tujuan dari Konsep program ini yaitu membantu masyarakat untuk memunculkan kebutuhan sendiri dan apa yg akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Kerjasama ini akan  terjalin selama 5 tahun kedepan, dimana tahun pertama adalah prioritas yg dilaksanakan adalah untuk tempat, bahan baku dan biaya pelatihan sebesar. 

Muncul pertanyaan kenapa Desa Tanjungwangi  yang menjadi tempat pelaksaan program kerjasama ini. Awalnya ada desa lain yg menjadi pilihan yaitu desa gandasoli, desa cisaat, desa di wilayah pantura tetapi berdasarkan hasil pemilihan Desa Tanjung Wangi yang masuk dalam indikator penilaian karena daerahnya termasuk wilayah penghasil sumber pertanian, perkebunan, dan penghasil industri.

Di desa Tanjungwangi peningkatan di bidang perikanan fokusnya dalam pembuatan pakan ikan dengan diberikannya pelatihan langsung ke korea dan studi banding ke lokasi yg sudah menjadi pendampingan Saemaul Undong tetapi untuk tahun berikutnya Tim Saemaul Undong ini akan melakukan  pendampingan pemberdayaan perempuan nya.

Untuk program ini hasil pelatihan pakan ikan ini di harapkan bisa dimanfaatkan oleh desa setempat ketika produksi lebih besar pemasaran akan mencakup lebih luas lagi.
Plt Bupati siap membantu untuk kelancaran program tersebut baik itu yang dilaksanakan dengan masyarakat dan terkait dengan pengelolaan keuangan diserahkan pd pihak korea dan konsultan.

Harapanya  kerjasama Saemaul Undong dapat membantu pendapatan masyarakat setempat khususnya dan umumnya untuk Kabupaten Subang selain itu juga mudah-mudahan ada kerjasama yang dapat  membantu peningkatan SDM di Kabupaten Suban.  acara ini dihadiri oleh Kepala BAPPEDA Dr H.komir Bastaman Sekretaris BPMKB dr Syamsu Ryza, Kepala Bidang program BPMKB Drs.H.Enjat Rohdiat Kepala Bidang Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Terpadu Dra Aida Gunawati, Hong Seung Hoob Direktur Saemaul Globalization Foundation, manajer Jeong Min Soo , Nam Da Hyeon Relawan Desa dan penerjemah putri.(HUMAS)

Follow @rakyatsubang

Rakyat Subang

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama