ads

» » Buruh Mau Demo Lagi, Kapolres Subang: Coba kalau Berani, Besok Demo Saya Bubarkan!

Buruh Mau Demo Lagi, Kapolres Subang: Coba kalau Berani, Besok Demo Saya Bubarkan!
RAKYATSUBANG.COM - Buruh Subang yang terdiri dari beberapa serikat buruh seperti FSMPI, SPN, KSPSI, KASBI kembali melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Subang, Senin (7/11/2016).

Unjuk rasa yang kali ini merupakan dalam rangka mengawal rapat Dewan Pengupahan (Depekab) untuk menentukan soal Upah Minimum Kabupaten (UMK).

Dalam rapat Depekab yang dihadiri Plt Bupati Subang Hj Imas Aryumningsih, Kepala Disnakertrans Subang, H Kusman Yuhana dan anggota Depekan lainnya itu, salah satunya menyebutkan, bahwa penentuan UMK berdasarkan Komponen Kehidupan Layak (KHL) yang nyata di lapangan.

Namun, pada kenyataannya KHL tersebut hanya dijadikan pembanding selama PP 78 berlaku. Sehingga membuat massa buruh kesal dan menganggap PP 78 sangat merugikan buruh.

“Kita nyatakan menolak PP 78, karena keputusan tersebut di atas merugikan buruh. Dengan PP itu buruh secara terang-terang dimiskinkan,” kata Ketua KSPSI Kabupaten Subang, Warlan dalam orasinya.

Menurut Warlan, kenapa survey KHL hanya dijadikan pembanding saja. Dengan begitu PP 78 tidak pro buruh, bahkan bertentangan denga UU ketenagakerjaan.

“Ini bentuk Intervensi pusat ke daerah, buruh tidak sejahtera, kita menolak dan akan terus melakukan aksi besar-besaran sampai PP 78 dihapus. Besokpun kita akan aksi terus,” katanya.

Adapun hasil rapat Depekab yang dilaksanakan pada hari Senin ini menghasilkan beberapa poin, salah satunya pembentukan tim pemantau KHL. Rapat kembali akan dilaksanakan pada Rabu (9/11).

Aksi unjuk rasa tersebut berjalan damai. Karena ketidakpuasan, massa buruh berencana melakukan aksi demo lagi. Namun niatan tersebut dihadang oleh Kapolres Subang AKBP Yudhi Sulistianto Wahid.

“Tolong tidak usah demo lagi. Anggota saya juga manusia, bukan superman. Kami juga tidak hanya melayani kalian saja. Jadi coba saja besok demo, saya bubarkan!,” tandas Kapolres. (MJ)

Follow @rakyatsubang

Rakyat Subang

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama