ads

» » Meriahnya Acara Ruat Laut Blanakan Subang

Meraiahnya Acara Ruat Laut Blanakan Subang
RAKYATSUBANG.COM - Ribuan warga Blanakan dan sekitarnya tumpah ruah di pelabuhan Blanakan mengikuti acara puncak ruat laut ke-49, Minggu (30/10/2016).


Puncak acara berupa pelepasan dongdang, miniatur perahu berisi aneka makanan tradisional serta kepala dan darah kerbau, di perairan laut Jawa. Selain itu digelar beberapa kegiatan sosial untuk masyarakat seperti sunatan massal yang dilaksanakan di KUD Mina Fajar Sidik Blanakan.

Acara yang dimulai sekitar pukul 07.30 dengan melakukan ritual di depan dongdang. Kemudian perahu pengangkut dongdang meluncur menyusuri Sungai Blanakan menuju perairan Laut Jawa yang dilepas oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Herywan diikuti ratusan perahu yang telah dihias dengan berbagai jajanan pasar.

Sekitar satu kilometer selepas muara Blanakan, dongdang dilepaskan. Ratusan nelayan yang menumpang perahu-perahu pun terjun dan berenang untuk memperebutkan isi dongdang. Mereka percaya bahwa darah kerbau serta barang-barangyang ada di dongdang membawa berkah bagi usaha melautnya.

Dalam acara ruwat laut ke 49 di KUD Mina fajar Sidik Blanakan Subang itu turut hadir pula Asda I Subang Asep Nuroni, Kapolres Subang AKBP Yudhi S Wahid, Dandim 0605 Subang Letkol Inf Budi Mawardi Syam, Ketua Kadin Jabar Agung Suryamal, Sekretaris DPD PDIP Jabar, anggota DPR RI dapil Indramayu Cirebon Ono Surono dan pejabat lainnya.

Follow @rakyatsubang

Rakyat Subang

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama