ads

» » Gila! Ojang Juga Dapat Setoran dari Kepala Sekolah?

Gila! Ojang Juga Dapat Setoran dari Kepala Sekolah?
RAKYATSUBANG.COM - Dalam sidang kelima dengan agenda keterangan saksi yang dilaksanakan di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (28/9/2016) dengan menghadirkan lima saksi terungkap adanya aliran dana yang cukup besar kepada Ojang Sohandi.

Kelima saksi yang dihadirkan dalam sidang terssebut Engkus Kusdinar (Kadisdik), Heri Sopandi (Kabid Dikmenjur Disdik), Iwan Kurniawan (Kasubid BLH) dan Hendra Purnawan (Wakil Ketua DPRD).

Dalam kesaksiannya Kusdinar menyebut pernah memberikan sejumlah uang kepada Ojang secara bertahap dan uang tersebut menurutnya didapat dari ngutang. Diantaranya dana sebesar Rp 400 juta yang ia serahkan secara dua tahap melalui Wawan Irawan (ajudan bupati).


Tahap pertama ia serahkan Rp 250 juta kepada Wawan di SPBU Ranggawulung. Sementara tahap kedua diserahkan di ruang kerjanya langsung. 

"Saat itu Wawan datang ke kantor saya," ungkap Kusdinar seperti dikutip dari JPNN.com.

Sedangkan untuk tahap kedua jumlahnya sebesar Rp 150 juta. Uang tersebut dikalim hasil pinjaman dari pihak lain.

"Terkait uang Rp 250 juta, itu hanya pinjaman. Namun ngga ada bukti. Istilahnya Sunda-nya ngeclok. Termasuk yang Rp 150 juta. Jadi jumlahnya Rp 400 juta. Tapi sejak Januari sudah selesai dikembalikan," ungkap Kusdinar.

Yang lebih menarik adalah pengakuan dari Kabid Dikmenjur Disdik Subang, Heri Sopandi yang  menyatakan sempat beberapa kali menyerahkan uang kepada Ojang Sohandi melalui Wawan. Uang tersebut ia serahkan kepada Ojang bersumber dari pungutan para calon kepala sekolah yang besarannya sekitar Rp 20 juta hingga Rp 50 juta. Namun ia mengaku lupa lokasi penyerahan uang.

Para kepala sekolah yang menjadi korbannya, diantaranya Kepala SMAN Pusakanagara, Kepala SMAN Compreng, Kepala SMAN Tanjungsiang, Kepala SMAN Pabuaran dan Kepala SMAN Patokbeusi. Saat itu sedikitnya terdapat 135 kepala sekolah yang dimutasi. Menurut Heri, sebagai tim seleksi kepala sekolah, dirinya memiliki kewenangan turut menentukan posisi kepala sekolah.

"Pada dasarnya, secara normatif para kepala sekolah ini sudah lulus dan dapat SK (surat keputusan). Namun mereka diminta bantuan (uang, red)," kata Heri.

Tak hanya mengelabui para calon kepala sekolah, kata Heri, uang yang ia serahkan kepada Ojang sebagian bersumber dari potongan proyek di lingkungan Dinas Pendidikan,  

Wah ternyata banyak banget aliran dana yang didapat Ojang, belum lagi dari Iwan Kurniawan (Kasubid BLH) dan Hendra Purnawan (Wakil Ketua DPRD).Pokonya kalau diceritain semua bakalan panjang. 

Follow @rakyatsubang

Rakyat Subang

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama