ads

» » 12.000 Sopir Filipina Bakal Masuk Indonesia

12.000 Sopir Filipina Bakal Masuk Indonesia
RAKYATSUBANG.COM - Dampak dari diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) membuat Indonesia harus siap bersaing. Sepertihalnya bersaing dengan 12.000 sopir dari Filipina yang akan masuk ke Indonesia.

Mereka mau ngapain ke Indonesia? Tentunya bukan buat wisata, melainkan buat jadi supir lagi. Kenapa bisa ke Indonesia? Kan di Filipina gajihnya lebih gede. Itu karena sekarang sudah diberlakukan MEA, siapa saja bebas bersaing asal sesuai aturan.

Dikutip dari laman kompas.com, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy mengatakan, akan ada 12.000 sopir lisensi internasional dari Filipina yang akan datang ke Indonesia dan itu memang benar adanya.

Tenga kerja supir yang memiliki lisensi internasional tersebut. Menurut Mentri, 40 persennya merupakan sopir perempuan. 

Upaya Pemerintah Dalam Menghadapi Persaingan

Dengan banyaknya teaga kerja asing yang masuk Indonesia pemerintah akan menggalakkan pendidikan vokasi untuk anak didik Indonesia. Hal itu dilakukan supaya tercipta tenaga kerja dengan keterampilan yang handal.

Jadi nantinya anak SMA itu harus sudah dilatih dan dilakukan pendidikan yang berorientasi pada keterampilan. Dengan begitu, setelah lulus SMA, anak didik tersebut bisa langsung mendapat pekerjaan.


Gile kan! ini gara-gara MEA lulusan SMA nanti harus mampu bersaing dengan tenaga kerja asing. Nanti setelah SMA itu jadi ada banyak pilihan. 1. jadi mahasiswa; 2. jadi pengangguran; 3. bersaingan dengan warga negara asing.

Follow @rakyatsubang

Rakyat Subang

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama