ads

» » Ternyata Pabrik Coca Cola Pakai CO2 Produksi Pertamina EP Subang

Ternyata Pabrik Coca Cola Pakai CO2 Produksi Pertamina EP Subang

RAKYATSUBANG.COM - Wah, ternyata alam Subang begitu kaya dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Salah satunya kandungan gas CO2 yang diproduksi PT Pertamina EP Asset 3 Field Subang telah digunakan oleh pabrik minuman Coca Cola.

Selain digunakan oleh pabrik Coca Cola, ternyata banyak industri. Di antaranya pabrik soda lokal juga menggunakan CO2 yang beradal dari perut bumi diwilayah Subang.

Seperti dikutip dari laman sindonews.com, CO2 telah digunakan oleh beberapa industri baik lokal maupun internasional seperti Coca Cola.


Perusahaan PT Pertamin menjual CO2 tersebut kepada PT Samator dan PT Aneka Gas Industri. Namun, mereka bukan sebagai pengguna akhir (end user).

"Aneka Gas bukan end user, dia ada end user-nya lagi seperti trader. Pabrik Coca Cola ada pakai CO2, pabrik soda lokalan banyak," kata Field Manager Subang Armand M Hukom, Senin (18/7/2016).

Menurut Armand, Pertamina EP Asset-3 Field Subang memiliki dua plant pemurnian CO2 atau Removal Plant yang di Cilamaya dan di Subang. 

"Untuk CO2 Removal Plant di Cilamaya beroperasi sejak 2000 dan didesain untuk menurunkan kadar CO2 dari 40% menjadi 5%. Sedangkan untuk yang di Subang beroperasi sejak Oktober 2003 dan didesain untuk menurunkan kadar CO2 dari 23% menjadi 5%," katanya.

Saat ini, menurut Armand perluasan penggunaan CO2 sebagai bahan makanan sudah sampai ke pesawat terbang. Selain itu, juga digunakan oleh bengkel. 

Adapun untuk gas CO2 yang dikirim ke PT Samator sebanyak 1.172 juta kaki kubik/hari dengan revenue sebesar USD2.842,05/hari. 

"Sementara, gas CO2 yang dijual ke PT Aneka Gas Industri sebesar 1.820 juta kaki kubik/hari," pungkasnya.

Follow @rakyatsubang

Rakyat Subang

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama