ads

» » 4 Pasar di Subang Ini Suka Bikin Macet Saat Mudik Lebaran

4 Pasar di Subang Ini Suka Bikin Macet Saat Mudik Lebaran

RAKYATSUBANG.COM - Ada empat titik rawan yang sering menimbulkan kemacetan saat mudik lebaran di Subang. Keempat titik rawan itu berada di jalur (Pantai Utara) Pantura Subang dan jalur Subang tengah.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Subang, Harlan Adinata mengatakan, memang benar keempat titik itu setiap tahunnya sering menjadi penyebab kemacetan parah, bahkan akibat kemacetan tersebut kendaraan bisa mengekor sejauh puluhan kilometer.

"Iya, jika tidak secepatnya diatasi dititik-titik itu bisa macet parah. Tahun lalu saja sampai puluhan kilometer," kata Harlan Adinata.


Adapun keempat titik yang bisa menjadi penyebab kemacetan saat mudik di Subang itu yakni, pasar Sukamandi dan pasar Ciasem yang berada dijalur Pantura Subang. Sedangkan untuk jalur Subang tengah berada di pasar Cipendeuy dan pasar Kalijati.

"Dilokasi tersebut selain adanya pasar tumpah, juga dikarenakan adanya lalu lalang warga sekitar yang ingin kepasar dengan melintasi jalan. Hal itu secara otomatis akan mengganggu arus lalu lintas," tuturnya.

Apalagi menurut Harlan, tahun ini jumlah pemudik yang melintasi Subang diprediksi akan mengalami peningkatan sebanyak 10 persen. Dengan adanya kenaikan tersebut, potensi macet sangat besar. Untuk mengatasinya pihak Dishub sudah menyiapkan sebanyak 300 personil yang akan bertugas dibeberapa pos yang sudah disiapkan.

"Untuk mengatasi kemacetan kita turunkan ratusan personil yang akan ditempatkan dibeberapa pos. Seperti di pos yang berada di Subang, Jalancagak, Kalijati, Pusakanagara dan Ciasem," tuturnya.

Selain menurunkan sebanyak 300 personil, untuk mengatasi kemacetan tersebut Dishub juga akan memberlakukan sistem pengaturan lalu lintas mengatur penyebrang mengumpulkan dulu penyebrang.

"Iya, nanti sistemnya bagi warga yang menyebrang itu tidak boleh sendiri-sendiri. Itu nantu diatur, berkumpul dulu lalu nyebrangnya bareng-bareng. Waktunya perdua menit sekali atau nanti kita sesuaikan," katanya.


Follow @rakyatsubang

Rakyat Subang

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama