ads

» » Plt Bupati Subang Akan Bantukan Cari Solusi Terbaik, Supaya Buruh PT Seok Hwa Indonesia Dapat THR

Plt Bupati Subang Akan Bantukan Cari Solusi Terbaik, Supaya Buruh PT Seok Hwa Indonesia Dapat THR
RAKYATSUBANG.COM - Plt Bupati Subang, Hj Imas Aryumningsih dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertras), Kusman Yuhana akhirnya melakukan audiensi bersama perwakilan buruh PT Seok Hwa Indonesia, Jumat (24/6/2016).

Audiensi anta pemerintah dan buruh tersebut dilakukan di Rumah Dinas (Rumdin) Plt Bupati dengan disaksikan oleh berbagai piahak diantaranya anggota komisi IV DPRD bersama Ketua DPRD yang mendapat pengawalan dari aparat kepolisian Polres Subang. Audiensi berjalan lancar dan tidak terjadi aksi adu argumen antar kedua pihak.

Buruh menyampaikan aspirasinya dan pihak pemerintah berjanji akan mencarikan solusi yang terbaik, supaya para buruh mendapat apa yang menjadi hak mereka. jangan sampai pihak perusahan tidak bertanggungjawab.

"Kita harus sepakat, bahwa THR itu adalah hak buruh dan bila perusahaan tidak mampu berarti melanggar aturan. Ini harus segera dicarikan solusi yang terbaik. Buruh harus mendapatkan haknya," kata Hj Imas Aryumningsih.

Imas juga mengatakan, para pengusaha baik asing maupun lokal harus benar-benar paham aturan jangan sampai kejadian ini berulang dikemudian hari. Pokoknya segala sesuatu yang berkaitan dengan hak-hak para buruh harus diberiikan sesuai aturan yang berlaku.

"Untuk mengingatkan para pengsaha atas aturan. Saya tugaskan kepada Disnaker untuk membagikan aturan perundang-undangan ketenaga kerjaan kepada seluruh pabrik yang ada di Subang. Mereka harus hapal dan jangan sampai ada alasan lagi," tegasnya.

Namun sangat disayangkan ketegaskan Plt Bupati belum membuahkan hasil, belum ada kata sepakat karen dalam audiensi antara pihak buruh dan pemerintah itu tidak didatangkan pihak perusahaan. Tidak ada satupun dari pihak PT Seok Hwa Indonesia menunjukan batang hidungnya.

"Kita belum ada kesepakatan, sekarang pihak perusahaan mampunya hanya membayar gaji dan THR itu masing-masing 50 persen. Sisanya dibayarkan pada bulan September, itu kata pihak perusahaan," kata Kepala Disnaker, Kusman.

Menurutnya saat ini perusahaan belum bersedia datang dan dijadwalkan baru pada hari Senin (27/6/2016) pihak perusahaan akan datang dan kembali melakukan audiensi untuk mencari solusi.

"Kita akan kembali melakukan audiensi lagi pada Senin mendatang bersama pihak perusahaan, dan mudah-mudahan ada solusi terbaik," katanya. 

Follow @rakyatsubang 

Rakyat Subang

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama