ads

» » Peresmian Pasar Tradisional Ciawitali yang Berada di Serangpanjang

Peresmian Pasar Tradisional Ciawitali yang Berada di Serangpanjang
RAKYATSUBANG.COM - Wakil Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih, SE, membuka dan meresmikan serta meninjau langsung Pasar Tradisional Ciawitali Kecamatan Serangpanjang pada hari Selasa (10/5/2016). 

Peresmian diawali dengan dilakukannya gunting pita yang dilakukan oleh Wakil Bupati Subang didampingi oleh Asisten Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Barat, Kepala Biro Ekonomi Setda Jawa Barat dan Camat Serangpanjang.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakapolres Subang, Kepala Bapeda, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Para Camat, Forum Komunikasi Kecamatan, Para Kepala Desa se-Kecamatan Serangpanjang, Pengawas Koperasi pasar Ciawitali, Ormas KSBI dan masyarakat setempat.

Dalam sambutan Wakil Bupati Subang, bahwa dengan terbangunnya pasar tradisional Ciawitali semoga dapat mengangkat dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat yang baik dan sejahtera sesuai dengan program pemerintah Gerakan Pembangunan untuk Rakyat dalam bidang Ekonomi Masyarakat (Gapura Emas). Pembangunan pasar tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM tahun anggaran 2014 dalam program revitaliasi pasar tradsional sebesar Rp. 900.000.000 dan untuk tahun anggaran 2015 yaitu bantuan anggaran penataan sarana PKL dan objek wisata Curug Cijalu sebesar Rp. 280.000.000. 

Selain untuk pasar Ciawitali, Kementerian Koperasi dan UKM tahun anggaran 2015 juga telah memberikan bantuan sebesar Rp. 900.000.000 untuk anggaran revitalisasi pasar tradisional Cirangkong Kecamatan Cijambe. Bantuan tersebut sangat membantu sekali bagi masyarakat sekitar karena warga tidak perlu lagi berbelanja kepasar yang jauh. Mengenai infrastuktur yang masih kurang mendukung diwilayah Serangpanjang semoga kedepannya dapat segera terealisai perbaikannya wahaupun masih bertahap. 

Disisi lain dapat membantu para pedagang dan mengurangi pengangguran yang berada disekitar. Pemerintah akan mendukung sekali dalam peningkatan kualitas pasar tradisional sebelum toko modern atau minimarket, masyarakat akan terus datang ke pasar tradisonal dibanding ke toko modern bila didukung kebersihan dan pemeliharaan pasar tersebut.

Menurut Asisten Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Ir. Hendriyanto, Revitalisasi pasar tradisional merupakan program unggulan dari Kementerian Koperasi dan UKM yang merupakan pemberian bantuan untuk membantu sarana ekonomi untuk masyarakat. Sesuai program pemerintah Republik Indonesia dalam program Nawacita yaitu salah satunya pembangunan 5.000 pasar tradisional untuk sampai tahun 2019, sehingga per-tahunnya akan dibangun 1.000 pasar tradisional.

Kepala Biro Ekonomi Setda Jawa Barat menjelaskan bahwa pasar merupakan sebuah wahana atau tempat berkomunikasi, silaturahmi antara penjual dan pembeli dalam transaksi jual beli. Hal terpenting dalam aktivitas yang terjadi di pasar tradisional yaitu pengawasan, diantaranya pengawasan dari koperasi pasar, pengawasan makanan yang aman dan makanan berbahaya, pengawasan lingkungan dampak dari aktivitas yang terjadi dipasar terutama dalam hal kebersihan sampah sehingga perlu adanya gotong royong dalam penanggulangan sampah pasar.

Pada acara tersebut diberikan beras bantuan dari KBSI pusat sebanyak 16 ton untuk masyarakat yg tdk mampu yang berada diwilayah Serangpanjang. Bantuan tersebut diberikan secara simbolis dari KBSI Jawa Barat da diterima oleh Camat Serangpanjang Udin Zajudin, S.Pd. M.Si. (hms)

Follow @rakyatsubang

Rakyat Subang

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama