Fakta Seputar Dede Miftahul Anwar, Pemuda Asal Subang yang Menciptakan Kompor Berbahan Bakar Air

Fakta Seputar Dede Miftahul Anwar, Pemuda Asal Subang yang Menciptakan Kompor Berbahan Bakar Air

Fakta Seputar Dede Miftahul Anwar, Pemuda Asal Subang yang Menciptakan Kompor Berbahan Bakar Air

RAKYATSUBANG.COM - Untuk menjawab rasa penasaran masyarakat Subang atas hebohnya penemuan kompor berbahan bakar air yang diciptakan oleh Dede Miftahul Anwar (22) asal Kampung Kerajan Desa Cihambulu Kecamatan Pabuaran Kabupaten Subang. Tim RAKYATSUBANG.COM langsung melakukan penelusuran ketempat tinggal Dede.

Berbagai fakta menarik berhasil diperoleh, salah satu fakta yang belum diketahui oleh banyak masyarakat dan para netizen adalah ternyata tidak ada warga yang tahu, di Kampung Kerajan tempat tinggal Dede ada sebuah penemuan yang menyulap air menjadi bahan bakar. Fakta selanjtnya, tidak ada aktivitas produksi dan penjualan kompor berbahan bakar air disana.

Jadi kebenaran dari beberapa berita yang menghiasi linimasa mulai sedikit diragukan. Setelah beristirahan sejenak karena jalan menuju tempat tinggal Dede cukup jauh dan kondisi jalan bergelombang. Akhirnya tim kembali melanjutkan perjalanan.

"Wah ada sebuah SPBE yang pernah diceritakan Dede dalam sebuah media online," kata salah seorang tim.

Perkataan salah satu tim, membuat kami sedikit lega. Hal tersebut dikarenakan perjalanan panjang hampir 1,5 jam dari pusat Kota Subang tidak akan sia-sia karena kediaman Dede yang kami cari sudah diketemukan. Bahkan yang membuat kami lega didepan rumah Dede ada sebuah SPBE atau Saung Pengisian Bahan Bakar Hidrogen percis seperti apa yang ada dibayangan kami.

Namun, berbeda dengan foto yang ada dibeberapa media online, yang menunjukan Dede sedang berada di SPBE dengan beberapa tabung hidrogen. Saat kami kerumah Dede, tidak ada satupun tabung yang dipajang. Kami bertemu dengan orang tua Dede. Nama ayah Dede adalah Ma'mur Susilawan dan ibunya Entin Rosmartini.

"Memang benar ini merupakan rumah Dede, dia anak kami," kata ayah Dede. Berikut petikan wawancara lengkap kami bersama kedua orang tua Dede. 

Dedenya ada pak?
Anak saya kebetulan lagi di Bandung, diakan kuliah di UPI Bandung

Jurusan apa?
Dia sedang menempuh kuliah di Jurusan Kimia Fakultas MIPA UPI Bandung Semester VI

Dede anak keberapa?
Anak kelima, dia merupakan bungsu dan merupakan anak yang cerdas

Tahukah bapak dan ibu, tentang penemuan Dede?
Iya, kalau ibu tahunya di internet (ibu Dede)
Saya sudah tahu dari awal karena anak saya memang cerdas, dia tahu semua rumus kimi dan istilah-istilahnya.

Apakah benar Dede penemu kompor berbahan bakar air seperti yang ada di internet?
Ya, benar. Boleh dilihat salah satu contoh tabung hidrogen yang dibuat Dede. Sekarang di rumah ada 20 tabung. Produksinya di bandung

Tapi kok SPBEnya sepi. Tidak ada tabung?
Karena belum ada produksi. Semua dikerjakan di bandung. Ini juga yang 20 buah merupakan contoh

Apakah bapa tahu cara kerja kompor berbahan bakar air ciptaan Dede?
Tidak tahu, Dede yang lebih paham. Dari video yang beredar itu merupakan benar adanya. Dia membuatnya dikosan di Bandung

Apakah di Kampung ini sulit mendapatkan LPG?
LPG ada, namun selalu kosong. Dibeberapa agen juga sama

Jika benar alat buatan Dede mampu berfungsi. apakah masyarakat akan terbantu?
Tentu, iya. Harganya murah

Ini yang menarik. Katanya sebagian warga sudah menggunakan produk Dede?
Tidak ada, ini juga SPBE baru dibuat sekitar seminggu yang lalu. Tidak ada produksi disini, Dede di Bandung

Terakhir. Bangga memiliki anak seperti Dede?
Yaa, anak saya sudah dari keciil pintar. Selain itu dia orangnya sederhana. Kita sebagai orang tua akan mendukung terus Dede

Kami sempat menggambil beberapa gambar situasi SPBE dan kondisi rumah Dede. Orang tua Dede yang merupakan pensiunan kepala sekolah dan guru tersebut membuka warung kelontoongan didepan rumahnya dan dipinggir warung kelontongan itu berdiri sebuah SPBE ciptaan anaknya.
Fakta Seputar Dede Miftahul Anwar, Pemuda Asal Subang yang Menciptakan Kompor Berbahan Bakar Air
Kedua orang tua Dede saat menunjukan tabung hidrogen ciptaan anaknya
Selain berjualan kelontongan, orang tua Dede juga berjualan gas LPG 3 kg dan air mineral (galon). Rumahnya sederhana, namun orang tua Dede menceritakan keliama anaknya termasuk Dede semuanya berhasil menempuh pendidikan sampai sarjana.

Dari percakapan antara tim dan keluarga Dede, kami menyimpulkan bahwa Dede masih dalam uji coba. Belum ada warga satupun yang mengetahui karena Dede tidak pernah melakukan sosialisasi ciptaannya itu kepada warga sekitar. Dede hanya memberi tahu orang lewat medsos.

Apakah penemuan Dede cuma HOAX?
Dalam penelusuran yang dilakukan tim, Dede memamng menciptakan alat yang bisa merubah air menjadi bahan bakar. Fakta itu kami peroleh dari orang tua Dede yang bersedia menunjukan salah satu tabung hidrogen ciptaan anaknya. Walaupun belum diketahui cara kerjanya, namun orang tua Dede meyakinkan kami bahwa itu ciptaan anaknya.

Yang tidak benar dalam pemberitaan beberapa media online adalah akses jalan menuju rumah Dede sulit dan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat salah besar. Jalan menuju tempat tinggal Dede sudah cukup lebar. Hanya saja kondisi jalan kurang baik.

Jika Dede menyebut bahwa akses jalan hanya bisa dilalui oleh sepeda motor bisa benar juga. Jika akan menuju rumah Dede, kita startnya di Purwakarta. Rumah Dede berada di perbatasan Subang_Purwakarta. Oleh karena itu akses ke Purwakarta sangat dekat, namun jika igin ke Purwakarta atau sebaliknya Anda haruss bersusah payah melali jembatan bambu. Akses perbatasan yang memang umum.

Apaka kata tokoh setempat?
Beberapa tokoh masyarakat seperti Karang Taruna setempat belum mengetahui sepakterjang Dede

Bahkan Kepala Desa Cihambulu, Hasan Abdul Munir belum tahu apa-apa karena belum ada pemberitahuan kepada desa. Padahal saat tim mengunjungi rumah Dede, ternyata rumah kepala Desa ada didepan rumah Dede. Mereka masih tetanggaan.

Walaupun kades sedikit kesal karena dalam beberapa pemberitaan menyebutkan Desa Cihambuluh terpencil dan sulit diakses kendaraan dan tingkat pendidikan penduduknya rendah. Namun pihaknya sangat mengapresiasi Dede jika memang benar Dede mampu menciptakan alat itu.

Setelah tim berhasil menghimpun semua keterangan dari orang tua Dede dan Kades serta masyarakat sekitar. Untuk meyakinkan tentang kebenaran alat ciptaan Dede kami mencoba mengghubunginya via telpon. Namun Dede yang merupakan pemilik CV Energon itu sangat susah dihubungi. Jadi sampai saat ini kami belum bisa memastikan kebenaran apakah memang benar Dede mampu membuat air menjadi bahan bakar. Kami juga belum melihat secara langsung bagai mana alat ciptaan Dede bekerja.

Follow @rakyatsubang
Nama

Ayo Tebak,2,Berita,344,Bisnis,12,BPJS Ketenagakerjaan,1,Event,13,Feature,1,Fokus,7,Foto,52,Gaya Hidup,1,Hiburan,30,HL,21,Hotel,15,Hukum,13,Humas,10,Info,7,Kebakaran,6,Lintas,3,Lipsus,1,Masak Apa,1,Medsos,56,Mudik Lebaran 2015,19,Nasional,5,Nyindir,1,Olahraga,10,Oleh-oleh Subang,2,Opini,17,Pemerintahan,72,Peristiwa,73,Persib,8,Pilkades,3,Polisi,4,Politik,15,Profil Artis,5,Profil Tokoh,33,Ragam,36,Ramadhan,11,Sekolah,1,Situ,1,Suara Rakyat,2,Surat Pembaca,3,Teknologi,1,Tips,3,TNI,2,Video,7,Wisata,7,
ltr
item
RAKYATSUBANG.com: Fakta Seputar Dede Miftahul Anwar, Pemuda Asal Subang yang Menciptakan Kompor Berbahan Bakar Air
Fakta Seputar Dede Miftahul Anwar, Pemuda Asal Subang yang Menciptakan Kompor Berbahan Bakar Air
Fakta Seputar Dede Miftahul Anwar, Pemuda Asal Subang yang Menciptakan Kompor Berbahan Bakar Air
https://2.bp.blogspot.com/-cS96l4AieMo/VzYGceZUsPI/AAAAAAAABTo/5YDlbU-Wdoo-P7mQ2HwGCdb5S3d5YFyowCLcB/s640/Dede%2BPenemu%2Bkompor%2Bberbahan%2Bbakar%2Bair.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-cS96l4AieMo/VzYGceZUsPI/AAAAAAAABTo/5YDlbU-Wdoo-P7mQ2HwGCdb5S3d5YFyowCLcB/s72-c/Dede%2BPenemu%2Bkompor%2Bberbahan%2Bbakar%2Bair.jpg
RAKYATSUBANG.com
http://www.rakyatsubang.com/2016/05/fakta-seputar-dede-miftahul-anwar.html
http://www.rakyatsubang.com/
http://www.rakyatsubang.com/
http://www.rakyatsubang.com/2016/05/fakta-seputar-dede-miftahul-anwar.html
true
6521730541519406406
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy