ads

» » Dahana Dukung Normalisasi Hutan Kota Ranggawulung Subang

Dahana Dukung Normalisasi Hutan Kota Ranggawulung Subang

RAKYATSUBANG.COM - Dalam rangkaian kegiatan HUT ke-50 PT DAHANA (Persero) yang jatuh tepat pada Jumat (20/5/2016) Unit PKBL Dahana (Persero) bekerjasama dengan Panitia HUT emas DAHANA serta dengan Pemerintahan Daerah Kabupaten Subang melaksanakan penghijauan di Hutan Kota Ranggawulung dengan melakukan penanaman pohon untuk normalisasi hutan kota di wilayah Kabupaten Subang. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Utama PT. DAHANA (Persero) Budi Antono berserta jajaran, Wakil Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih, Sekda Kabupaten Subang, Dandim 0605 Budi Mawardi Syam dan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan.

Berangkat dari komitmen PT. DAHANA (Persero) terhadap lingkungan, DAHANA menggelar acara penghijauan melalui penanaman pohon. Mengusung tema dukungan terhadap normalisasi hutan kota, DAHANA menggandeng Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Subang, Pramuka Kwarcab Subang serta komunitas setempat.

Menurut Budi Antono dalam sambutannya bahwa acara ini merupakan rangkaian kegiatan HUT Ke-50 PT DAHANA (Persero). Unit PKBL DAHANA bekerjasama dengan Panitia HUT Emas DAHANA sebagai penyelenggara kegiatan ini. Kami melibatkan unsur-unsur yang ada di Subang, seperti pemerintahan, pramuka dan komunitas. Beliau mengajak semua elemen di Subang untuk mendukung normalisasi hutan kota supaya kembali hijau dan asri.

Program penghijauan ini bertujuan untuk membantu menghijaukan kembali (normalisasi) lahan di Hutan Kota Ranggawulung dengan menanam bibit pohon keras. Kemudian membantu menjaga kelangsungan pertumbuhan dan perawatan tumbuhan di hulu sehingga mengurangi dampak banjir dihilir dengan cara memberikan bantuan alat penyemprot tanaman dan mesin potong rumput.

Dalam program penghijauan ini direncanakan akan ditanam 4250 bibit tanaman, diantaranya pohon akasia, manglid, mangga, rambutan dan banyak lagi yang tersebar di area Hutan Kota Ranggawulung. Penghijauan dilaksanakan dalam beberapa tahap dan ini merupakan tahap pertama yang difokuskan untuk mendukung normalisasi Hutan Kota Ranggawulung dari kerusakan.

DAHANA melaksanakan kewajiban pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup yang mewajibkan BUMN untuk menyisihkan dana CSR untuk lingkungan hidup. DAHANA telah menggelar kegiatan CSR dengan memberikan bantuan alat semprot tanaman dan mesin potong rumput yang akan diserahkan oleh Direktur Utama ke Dinas Kehuatanan dan Perkebunan. Selanjutnya, bantuan tersebut akan diserahkan ke petugas lapangan untuk pemeliharaan Hutan Kota Ranggawulung.

Dalam sambutan Wakil Bupati Subang, Hj. Imas Aryumningsih, Hutan Kota Ranggawulung merupakan arena penyangga resapan air dari hulu sebagai pemasok persediaan air untuk kota Subang, sehingga jika hutan kota dibiarkan gundul maka daerah sekitar yang disangganya akan terkena dampak bahaya longsor dan banjir. 

Wakil Bupati sangat berterima kasih dan merasa bangga kepada PT DAHANA yang telah peduli bersama-sama terhadap lingkungan dengan pemerinta Kabupaten Subang melalui penanaman pohon (normalisasi) di Hutan Kota Ranggawulung. Sumber Daya Alam yang selama ini sedang mengalami degradasi banyak faktor menjadi pemicunya terjadinya degradasi lahan tersebut, diantara faktor aktivitas manusia terhadap lahan melakukan pengrusakan lahan yang mengakibatkan banjir dan longsor.

Dalam acara tersebut diberikan secara simbolis bantuan alat penyemprot dan mesin potong rumput dari Direktur PT. DAHANA (Persero) kepada Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Subang yang selanjutnya bantuan tersebut akan diserahkan kepada petugas lapangan untuk pemeliharaan hutan kota. [humas]

Follow @rakyatsubang

Rakyat Subang

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama