Cara Membuat SIM Itu Mudah, Begini Caranya

Cara Membuat SIM Itu Mudah, Begini Caranya

Cara Membuat SIM Itu Mudah, Begini Caranya

RAKYATSUBANG.COM - Setiap kali mendengar kata SIM atau Surat Izin Megemudi. Pasti Anda akan teringat masa-masa suram saat Anda kena tilang sama Polantas, lantaran tidak memiliki apa yang disebut itu SIM. Padahal usia Anda sudah lebih dari 20 tahu, tapi kenapa belum punya SIM. Jika begitu siap-siaplah Anda kena tilang setiap ada oprasi.

Ini khusus bagi yang belum memiliki SIM, pasti pusingkan kalau sudah ada oprasi. Maka dari itu saran dari Admin, cepat-cepatlah Anda bikin SIM, supaya terbebas dari tilang. Enak lho kalau sudah punya SIM, saat ditilang Anda bisa terbebas dan Anda tentunya bisa disebut sebagai warga negara yang taat peraturan.

Jika Anda yang belum memiliki SIM, menganggap membuat SIM itu sulit, sampai kapapun Anda akan sulit mendapatkan SIM. Coba ikuti tips cara membuat SIM ini. Sebelumnya Admin ingatkan dulu, ada beberapa pilihan untuk membuat SIM. Lewat cara dengan baik-baik dan dengan cara tidak baik. Sudah menjadi rahasia umum banyak orang putus asa lalu menggunakan cara tidak baik atau istilah kasarnya memakai jasa calo (Saat ini diketahui calo yang membuat masyarakat harus membayar mahal)

Padahal Anda belum melakukan uji coba kemapuan Anda. Ujug-ujung pergi ke calo dengan biaya sangat mahal. Padahal jika Anda memiliki kemapuan dan percaya diri yang kuat. Anda pasti bisa melalui jalur baik-baik. Mengikuti prosedur yang berlaku dan mengikuti tes yang diberikan oleh tim penguji.

Dengan cara baik-baik, selain Anda bisa menguji kemapuan, Anda juga bisa menghemat biaya dan yang paling utama Anda bisa belajar rambu--rambu lalu lintas dengan baik. Jangan sampai Anda punya SIM tapi ada rambu-rambu dilarang belok malah belok, kalau sudah begitu matilah Anda. Makan dari itu saran Anda sebaiknya Anda membuat SIM dengan cara baik-baik.

Ini beberapa cara membuat SIM. Jika dalam beberapa cara ada kesalahan silakan Anda bisa mengomentari postingan ini dalam koemntar yang ada dibawah. Sebelum melangkah kepada tata cara membuat SIM ada baiknya Anda mengenal dulu tentang SIM. Seperti dikutip dari laman cermati.com saat ini untuk di Indonesia, ada dua jenis SIM yakni: SIM Kendaraan Bermotor Perseorangan dan SIM Kendaraan Bermotor Umum. Kedua jenis SIM ini dibagi lagi menjadi beberapa golongan:


1. Golongan SIM Perseorangan adalah sebagai berikut:
  • SIM A, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang  perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg.
  • SIM B1, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg.
  • SIM B2, untuk mengemudikan kendaraan alat berat, kendaraan penarik, atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan perseorangan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg.
  • SIM C, untuk mengemudikan kendaraan bermotor roda dua yang dirancang dengan kecepatan lebih dari 40 km/jam.
  • SIM D, untuk mengemudikan kendaraan khusus bagi penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus.
2. Golongan SIM Umum adalah sebagai berikut:
  • SIM A Umum, untuk mengemudikan mobil umum dan barang dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 kg.
  • SIM B1 Umum, untuk mengemudikan mobil penumpang dan barang umum dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 kg.
  • SIM B2 Umum, untuk mengemudikan kendaraan penarik atau kendaraan bermotor dengan menarik kereta tempelan atau gandengan dengan berat yang diperbolehkan untuk kereta tempelan atau gandengan lebih dari 1.000 kg.

Setelah Anda mengetahui beberapa golongan SIM yang berlaku di Indonesia. Sekarang Anda siap-siap untuk membuat SIM. Sesuai dengan kendaraan yang Anda miliki, jangan sampai Anda memiliki kendaraan bermotor, tapi saat ditanya petugas Anda malah mau bikim SIM B2 itukan sangat salah bssar dan Anda pasti tidak akan lulus.

Beikut ini merupakan beberaoa persyaratan pembuatan SIM Perseorangan. Ingat jika Anda akan membuat SIM golonagan perorangan Anda harus patuh terhadap persayaratan berikut:
  • Batas Usia Minimal: SIM A 18 tahun, SIM B1 20 tahun, SIM B2 20 tahun, SIM  C 17 tahun, SIM D 17 tahun.
  • Syarat Administratif: Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), Mengisi formulir permohonan Sehat jasmani dan rohani, berpakaian rapi (pria berkemeja berkerah dan bercelana panjang) dan bersepatu (tidak diperkenankan memakai sandal), Lulus Ujian teori, ujian praktek, dan/atau ujian keterampilan melalui simulator.
  • Persyaratan Tambahan: Bagi pemohon SIM B1 dan B2, ada syarat tambahan, yaitu: Untuk membuat SIM B1 harus memiliki SIM A sekurang-kurangnya 12 bulan, Untuk membuat SIM B2 harus memiliki SIM B1 sekurang-kurangnya 12 bulan, Membayar biaya pembuatan SIM baru.

Khusus untuk golongan SIM Umum, persyaratannya sedikit berbeda dengan golongan SIM Perseorangan. Untuk batas Usia Minimal Pemohon: SIM A Umum 20 tahun, SIM B1 Umum 22 tahun, SIM B2 Umum: 23 tahun.

Nah, setelah semuanya siap dan Anda sudah memiliki mental untuk mengikuti prosedur dalam pembuatan SIM. Sekarang tinggal action. Silakan ikuti alur prosedur yang telah ditetapkan di bawah ini:
  • Mempersiapkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP). Ini syarat paling mudah, datang ke tempat fotocopy, lalu fotocopy KTP Anda menjadi beberapa lembar untuk dijadikan dokumen.
  • Membuat Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani ini dikeluarkan oleh dokter dan dapat dibuat di klinik kepolisian atau di pusat pelayanan kesehatan lainnya. 
  • Ambil Formulir. Ambil atau beli permohonan pembuatan SIM sesuai dengan tarif yang telah ditentukan untuk pembuatan SIM baru.
  • Bayar Asuransi. Membayar premi asuransi sebesar Rp30.000, asuransi ini sifatnya tidak wajib.
  • Mengisi Formulir. Isi formulir permohonan dengan lengkap dan benar untuk kemudian diserahkan ke petugas di loket yang telah disediakan. Tunggu hingga nama Anda dipanggil.
  • Ikuti Ujian. Setelah nama Anda dipanggil, Anda akan diminta mengikuti ujian yang terdiri atas dua tahap, yaitu:
Ujian Tertulis:
Jika lulus, dilanjutkan dengan ujian praktik. Sementara jika tidak lulus, Anda akan diberi kesempatan untuk mengulang ujian tertulis ini setelah tenggang 7 hari, 14 hari, dan 30 hari. Jika Anda mengulang kemudian kembali tidak lulus, tidak mengulang, tidak datang kembali, atau tidak ada keterangan, uang pembayaran biaya SIM akan dikembalikan.

Ujian Praktik:
Jika lulus, maka SIM akan diproduksi atau dicetak. Jika tidak lulus, Anda akan diberi kesempatan untuk mengulang ujian praktik setelah tenggang waktu 7 hari, 14 hari, dan 30 hari. Sama seperti untuk ujian tertulis, jika Anda mengulang ujian praktik kemudian tidak lulus, tidak mengulang, tidak datang kembali, atau tidak ada keterangan, uang yang telah dibayarkan akan dikembalikan.
  • Tanda Tangan, Pengambilan Sidik Jari, dan Foto. Jika Anda berhasil lulus di kedua ujian di atas, Anda akan diminta untuk menunggu panggilan ke loket untuk melengkapi data tandatangan, sidik jari, dan difoto, semuanya secara elektronik atau digital.
  • Ambil SIM. Tahap terakhir adalah menunggu hingga nama Anda dipanggil untuk mengambil SIM yang sudah jadi di loket pengambilan SIM..
Jika semuanya telah dilalui dengan baik dan mulus. Berarti Anda sudah sukese dalam membuat SIM. Oleh karena itu kita ucapkan selamat Anda telah berhasil membuat SIM.

Oh iya, Anda harus tahu bahwa sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2010 tentang PNBP pada Polri, biaya pembuatan SIM baru adalah sebagai berikut:
  • SIM A: Rp120.000
  • SIM B1: Rp120.000
  • SIM B2: Rp120.000
  • SIM C: Rp100.000
  • SIM D: Rp50.000

Biaya tambahan:Asuransi Rp30.000 dan Biaya Surat Keterangan Uji Klinik Pengemudi (SKUKP) untuk SIM B1, B2, dan SIM Umum Rp50.000.

Saran Admin ikuti tata cara membuat SIM sesuai prosedur, jangan sampai melanggar karena dapat dipastikan Anda tidak akan lulus. Bagi Anda yang sudah melakukan tes berkali-kali tapi belum lulus juga, jangan berkecil hati ada banyak kesempatan. Siapkan diri Anda dengan matang. Ingat Admin tidak menyarankan Anda membuat SIM memakai jasa calo. Semoga bermanfaat!

Follow @rakyatsubang
Nama

Ayo Tebak,2,Berita,342,Bisnis,12,BPJS Ketenagakerjaan,1,Event,13,Feature,1,Fokus,7,Foto,52,Gaya Hidup,1,Hiburan,29,HL,21,Hotel,15,Hukum,13,Humas,9,Info,7,Kebakaran,6,Lintas,3,Lipsus,1,Masak Apa,1,Medsos,56,Mudik Lebaran 2015,19,Nasional,5,Nyindir,1,Olahraga,10,Oleh-oleh Subang,2,Opini,17,Pemerintahan,72,Peristiwa,73,Persib,8,Pilkades,3,Polisi,4,Politik,13,Profil Artis,5,Profil Tokoh,33,Ragam,36,Ramadhan,11,Sekolah,1,Situ,1,Suara Rakyat,2,Surat Pembaca,3,Teknologi,1,Tips,3,TNI,2,Video,7,Wisata,7,
ltr
item
RAKYATSUBANG.com: Cara Membuat SIM Itu Mudah, Begini Caranya
Cara Membuat SIM Itu Mudah, Begini Caranya
Cara Membuat SIM Itu Mudah, Begini Caranya
https://2.bp.blogspot.com/-BQBGzCwK0cM/Vy6czFcstjI/AAAAAAAABR8/eZV_TgTHIJsm4luAIC0G3WpV6idWX6x8ACLcB/s640/Cara%2Bmembuat%2BSIM.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-BQBGzCwK0cM/Vy6czFcstjI/AAAAAAAABR8/eZV_TgTHIJsm4luAIC0G3WpV6idWX6x8ACLcB/s72-c/Cara%2Bmembuat%2BSIM.jpg
RAKYATSUBANG.com
http://www.rakyatsubang.com/2016/05/cara-membuat-sim-itu-mudah-begini.html
http://www.rakyatsubang.com/
http://www.rakyatsubang.com/
http://www.rakyatsubang.com/2016/05/cara-membuat-sim-itu-mudah-begini.html
true
6521730541519406406
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy