Rabu, April 27, 2016

Wabup Pimpin Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 52 di Lapas Subang

Wabup Pimpin Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 52 di Lapas Subang
RAKYATSUBANG.COM - Dalam memperingati hari Bhakti Pemasyarakatan ke-52, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Subang melaksanakan upacara yang melibatkan para warga binaan penghuni Lapas dengan dipimpin oleh Wakil Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih, SE selaku instruktur upacara, Rabu (27/4/2016). 

Tema dalam memperingati hari ulang tahun Pemasyarakatan yang ke-52 yaitu “Dengan Revolusi Mental Kita Wujudkan Pemasyarakatan PASTI SMART”.

Menurut Bupati Subang yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan Ham bahwa pelaksanaan tugas Pemasyarakatan pada tahun ini mengalami keterpurukan. Hal ini dikarenakan adanya sorotan publik tentang rendahnya kinerja petugas Pemayarakatan yang dibuktikan dengan adanya pengendalian dan peredaran narkoba di Lapas. 

Program  pemberantasan narkoba di Lapas, Rutan dan Cabang Rutan berupa razia yang dilakukan oleh internal ataupun bekerja sama dengan instansi terkait lainnya, tes urine kepada seluruh petugas pemasyarakatan, serta pemberian tindakan tegas berupa pemberhentian dengan tidak hormat kepada petugas yang terlibat dalam perdaran narkoba telah dilakukan dan akan terus dilakukan. Hal tersebut merupakan bentuk kebulatan tekad dari seluruh jajaran petugas Pemasyarakatan bahwa "Kami Pasti Melawan Narkoba".

Untuk itu diperlukan gerakan revolusioner dalam rangka membangun mental setiap petugas Pemasyarakatan agar mampu mengimplementasikan nilai-nilai esensial yang meliputi etoskerja, motivas iberprestasi, disiplin, taat hukum dan aturan, berpandangan optimistis, produktif-inovatif, gotong royong, dan berorientasi pada kemaslahatan umum.

Di samping meningkatkan kualitas sumber daya manusia, penguatan dalam pelaksanaan tugas dibidang pembinaan narapidana, perawatan tahanan, pembimbingan klien dan pengelolaan barang sitaan dan benda rampasan juga perlu dilakukan.

Wakil Bupati Subang pada kesempatan yang sama memberikan penghargaan bagi salah seorang petugas lapas yang berprestasi dalam menggagalkan peredaran narkoba di dalam lapas.

Kepala Lapas kelas II A Subang, Budi Sarwono menyerahkan secara simbolis pohon bibit mahoni kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Subang melalui Wakil Bupati Subang Hj. Imas Aryumningsih, SE dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-52 di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Subang. Bibit tersebut merupakan hasil pembibitan dari para warga binaan yang ada di lapas Subang sebanyak 2000 pohon..

Pada kesempatan yang sama dilakukan penandatangan MOU antara Bank BRI dengan Lembaga Pemasyarakat Kelas II A Subang yang disaksikan oleh Wakil Bupati Subang berupa MOU pengelolaan kantin lapas ke pihak ketiga dan MOU kartu BRIZZI sebagai uang elektronik yang digunakan para warga binaan penghuni lapas. (hms)

Follow @rakyatsubang

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Wabup Pimpin Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 52 di Lapas Subang