Kamis, April 21, 2016

Hari Kartini, Dinkes Subang Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis di PT Hansol Hyun

Hari Kartini, Dinkes Subang Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis di PT Hansol Hyun

RAKYATSUBANG.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Kabupaten Subang terus berupaya menyelamatkan kaum perempuan dari penyakit kanker serviks dan payudara dengan menggelar pemeriksaan gratis bagi  150 pegawai atau karyawan PT. Hansol Hyun Subang.

Pemeriksaan dan deteksi kanker servik, kanker leher rahim dan kanker payudara dengan metode IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Laktat) test ini dalam rangka memperingati hari Kartini, kata tim Penggerak PKK Propinsi Jawa Barat, Dr. Hj. Netty Prasetyani Heriawan saat Teleconference dengan Wakil Bupati Hj. Imas Aryumningsih dan General Manager PT. Hansol Hyun Mr. Kim Soon Man, serta didampingi oleh Pejabat-pejabat SKPD yang terkait yang bertempat di Pabrik PT. Hansol Hyun. Dalam acara teleconference secara live tersebut juga dilakukan serentak dengan Kabupaten Sukabumi bertempat di PT. Citra Unggul Perkasa, Palimanan Kabupaten Cirebon di Balai Rehabilitasi Sosial Karyawan Dinas Sosial dan Kota Cimahi sebagai pusat acara di PT. Trisula Tektile Indonesia.

Tema dalam acara tersebut yaitu “Melalui Hari Kartini, kita tingkatkan derajat kesehatan perempuan untuk mewujudkan masyarakat Jawa Barat produktif dan mandiri”. Pemeriksaan dan deteksi kanker servik dengan metode IVA ini rutin dilakukan dan dilaksanakan disetiap pelaksanaan Hari Kartini, ucap Kadinkes Jabar dr. Hj. Alma Luciaty, M.KES, M.Si.
.
Dr. Hj. Netty Prasetyani Heriawan memaparkan bahwa jika dilihat dari cerita Kartini yang merupakan perempuan pintar dan tangguh merupakan menjadi suatu keharusan bagi perempuan jaman sekarang. Perempuan disamping pintar dan tangguh juga harus sehat dan cerdas, maka perempuan akan bisa bersaing dengan kaum laki-laki dan dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik. Perempuan harus sehat itu salah satunya sehat dari kanker servik, contohnya karyawan pabrik kalau sehat maka produktivitas perusahaan meningkat, kesejahteraan perusahaan dan karyawan otomatis ikut terangkat.

Berdasarkan data bahwa setiap harinya di Indonesia 40 orang terkena kanker dan setiap harinya 20 orang meninggal karena kanker. Maka Netty menghimbau kepada seluruh perempuan jangan takut dan jangan ragu untuk memeriksanakan sejak dini kanker servik

Wakil Bupati Subang, Hj. Imas Aryumningsih sangat mendukung dan apresiasi sekali dengan adanya pemeriksaan dan deteksi kanker servik dengan metode IVA di setiap perusahaan yang mayoritas pegawainya perempuan, contohnya di PT. Hansol Hyun terdapat 2400 orang karyawan dan 80% diantaranya merupakan perempuan dan sebagian banyak antusias untuk melakukan test maupun pemeriksaan apalagi gratis. Pencegahan dini harus dilakukan oleh para wanita, agar terhindar dari penyakit yang mematikan tersebut. Sebagai Pemerintah Ia juga merasa bertanggungjawab dalam terhadap keselamatan kaum wanita dari penyakit kanker serviks.

Turut hadir dalam acara tersebut Bakorwil Kabid Kesejahteraan Rakyat, GM. PT. Hansol Hyun, Ketua Darma Wanita Kab. Subang, Kadisnakertrans, Kabid Dinas Kesehatan, Sekretaris BPMKB, Sekretaris Inkom, Camat Purwadadi, Kapolsek Purwadadi, Ketua APINDO, Kepala Puskesmas Purwadadi dan perwakilan karyawan yang telah diperiksa/tes kanker servik. (hms)

Follow @rakyatsubang

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hari Kartini, Dinkes Subang Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks Gratis di PT Hansol Hyun