Sejarah Hari Valentine "Kenapa Selalu Diperingati Pada Tanggal 14 Februari?"

Sejarah Hari Valentine "Kenapa Selalu Diperingati Pada Tanggal 14 Februari?"

Sejarah Hari Valentine "Kenapa Selalu Diperingati Pada Tanggal 14 Februari?"

RAKYATSUBANG.COM - Sebentar lagi tanggal 14 Februari 2016. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini mungkin akan sama. Para muda-mudi diseluruh dunia akan memperingati hari valentin atau biasa disebut dengan beragam cara. Salah satunya dengan berbagi kado istimewa dengan pasngan masing-masing.

Namun, tidak sedikit dan sudah menjadi rahasia umum. Bahwa hari valentin lekat kaitannya dengan anak muda masa kini yang sungguh tidak layak untuk ditiru. Seperti halnya berlebihan dalam meluapkan kasih sayang dengan yang bukan haknya dan beragam hal lainnya yang dilarang oleh ajaran agama yang dianut oleh mayoritas orang Indonesia.


Dikutif dari situs Wikipedia, arti hari Valentine dalam bahasa Inggris Valentine's Day atau disebut juga Hari Kasih Sayang, pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat.

Menurut Ensiklopedi Katolik (Catholic Encyclopaedia 1908 nama Valentinus paling tidak bisa merujuk tiga martir atau santo (orang suci) yang berbeda: seorang pastor di Roma, seorang uskup Interamna (modern Terni) dan seorang martir di provinsi Romawi Africa.
Koneksi antara ketiga martir ini dengan hari raya cinta romantis tidak jelas. Bahkan Paus Gelasius I, pada tahun 496, menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada yang diketahui mengenai martir-martir ini namun hari 14 Februari ditetapkan sebagai hari raya peringatan santo Valentinus. 

Ada yang mengatakan bahwa Paus Gelasius I sengaja menetapkan hal ini untuk mengungguli hari raya Lupercalia yang dirayakan pada tanggal 15 Februari.
Sisa-sisa kerangka yang digali dari makam Santo Hyppolytus dia Via Tibertinus dekat Roma, diidentifikasikan sebagai jenazah St. Valentinus. Kemudian ditaruh dalam sebuah peti emas dan dikirim ke gereja Whitefriar Street Carmelite Church di Dublin, Irlandia.

Jenazah ini telah diberikan kepada mereka oleh Paus Gregorius XVI pada 1836. Banyak wisatawan sekarang yang berziarah ke gereja ini pada hari Valentine, di mana peti emas diarak-arak dalam sebuah prosesi khusyuk dan dibawa ke sebuah altar tinggi. Pada hari itu sebuah misa khusus diadakan dan dipersembahkan kepada para muda-mudi dan mereka yang sedang menjalin hubungan cinta.

Hari raya ini dihapus dari kalender gerejawi pada tahun 1969 sebagai bagian dari sebuah usaha yang lebih luas untuk menghapus santo-santa yang asal usulnya bisa dipertanyakan dan hanya berbasis legenda saja. Namun pesta ini masih dirayakan pada paroki-paroki tertentu.

Nah... Dari informasi sekilas diatas dapat dinyatakan bahwa memang benar, hari Valentine itu bukan berasal dari budaya orang Indonesia. Jadi bisa dipastikan salah kaprah jika banyak muda-mudi menganggap bahwa hari Valentine itu diperingati. Apalagi cara memperingatinya dilakukan dengan menerobos normas agama yang dianut oleh mayoritas penduduk di negeri ini. (*)

Follow @rakyatsubang
Nama

Ayo Tebak,2,Berita,342,Bisnis,12,BPJS Ketenagakerjaan,1,Event,13,Feature,1,Fokus,7,Foto,52,Gaya Hidup,1,Hiburan,29,HL,21,Hotel,15,Hukum,13,Humas,9,Info,7,Kebakaran,6,Lintas,3,Lipsus,1,Masak Apa,1,Medsos,56,Mudik Lebaran 2015,19,Nasional,5,Nyindir,1,Olahraga,10,Oleh-oleh Subang,2,Opini,17,Pemerintahan,72,Peristiwa,73,Persib,8,Pilkades,3,Polisi,4,Politik,13,Profil Artis,5,Profil Tokoh,33,Ragam,36,Ramadhan,11,Sekolah,1,Situ,1,Suara Rakyat,2,Surat Pembaca,3,Teknologi,1,Tips,3,TNI,2,Video,7,Wisata,7,
ltr
item
RAKYATSUBANG.com: Sejarah Hari Valentine "Kenapa Selalu Diperingati Pada Tanggal 14 Februari?"
Sejarah Hari Valentine "Kenapa Selalu Diperingati Pada Tanggal 14 Februari?"
Sejarah Hari Valentine "Kenapa Selalu Diperingati Pada Tanggal 14 Februari?"
https://1.bp.blogspot.com/-kQGilysbF_A/Vrs9DA6QzDI/AAAAAAAABEE/qt9WJ8LmJvI/s640/valentine_day_with_flower.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-kQGilysbF_A/Vrs9DA6QzDI/AAAAAAAABEE/qt9WJ8LmJvI/s72-c/valentine_day_with_flower.jpg
RAKYATSUBANG.com
http://www.rakyatsubang.com/2016/02/sejarah-hari-valentine-kenapa-selalu.html
http://www.rakyatsubang.com/
http://www.rakyatsubang.com/
http://www.rakyatsubang.com/2016/02/sejarah-hari-valentine-kenapa-selalu.html
true
6521730541519406406
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy