SMPN 1 Legonkulon, Sekolah Peraih Adiwiata Tingkat Nasional

SMPN 1 Legonkulon, Sekolah Peraih Adiwiata Tingkat Nasional

SMPN 1 Legonkulon, Sekolah Peraih Adiwiata Tingkat Nasional

RAKYATSUBANG.COM - Pantai Utara (Pantura) Subang terkenal dengan wilayah yang suhu udaranya paling panas karena merupakan daerah pesisir pantai. Namun walaupun cuaca panas, saat masuk kedalam lingkungan SMPN 1 Legonkulon akan terasa sejuk seperti didaerah pegunungan.

SMP yang berada di Jalan Pangarengan Kecamatan Legonkulon tersebut merupakan salah satu sekolah berbasis lingkungan di Kabupaten Subang yang pernah mendapat beberapa penghargaan. Butuh waktu bertahun-tahun untuk merubah sekolah yang durunya gersang tersebut, untuk menjadi sekolah yang sejuk.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 1 Legonkulon, Jaenal Abidin, pada tahun 2007 silam, sekolah yang berada di Pantura tersebut merupakan sekolah gersang karena hanya sedikit pepohonan yang tumbuh disekitar sekolah.

Akibat gersang tersebut, muncul ide untuk membuat sekolah dengan konsep alam. Sehingga membuat siswa dan para guru menjadi betah saat berada di sekolah.

“Memang dulunya gersang, tidak ada pohon-pohon rindang seperti sekarang. Dulu kita rembukan bersama para guru untuk membentuk sekolah berbasis alam,” kata Jaenal Abidin seperti dikutif dari koran KBE, edisi Senin (30/11/2015).

Dengan konsep sekolah alam yang digagasnya, perlahan sekolah yang berdekatan dengan pesisir pantai utara tersebut saat ini menjadi sekolah satu-satunya yang memiliki konsep berbasis alam. Dengan konsep seperti itu, sekolah tersebut selalu sejuk walaupun udara di Pantura panas.

Bahkan, pada tahun tahun 2012 SMPN 1 Legonkulon mendapat penghargaan sebagai sekolah berbasis alam tingkat kabupaten dan setelah itu, pada tahun 2013 kembali mendapatkan penghargaan Adiwiata tingkat Nasional.

Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Nasional dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

“Iya, pada 2012 itu kita mendapat penghargaan sekolah berbasis lingkungan tingkat kabupaten, dan pada awal tahun 2013 kita meraih penghargaan Adiwiata tingkat Nasional,” tuturnya.

Untuk mendidik siswa agar mencintai lingkungan tersebut,  pihak sekolah masukan kurikulum berbasis lingkungan.

“Kitaa masukan kurikulum, selain itu kita juga kerjasama dengan pihak luar. Seperti penanaman mangrouve dipesisir pantai dan bersihbersih kali. Intinya supaya siswa lebih mencintai alam,” katanya.

Pembina OSIS SMPN 1 Legonkulon,  Samud Heryana menambahkan, memang sejak kedatangan kepala sekolah Jaenal Abidin pada tahun 2007 silam, sekolah yang berada dipesisir Pantura tersebut perlahan berubah menjadi sekolah berbasis lingkungan.

“Iya, coba aja kalau masuk kita berassa bukan di Pantura, di sekolah itu ada sekitar 800an jenis tanaman. Itu yang membuat sekolah selalu sejuk,” katanya.
Bahkan pada musim kemarau, pihak sekolah mewajibkan kepada seluruh siswa untuk membawa dua botol air untuk menyirami tanaman yang ada supaya tidak mati.

“Saat musim kemarau seperti sekarang, kita wajibkan siswa bawa air mineral tujuannya untuk menyiram tanaman supaya tidak mati. Jadi ada sekitar 700 siswa yang sekolah disini wajib bawa air. Hasilnya walaupun kemarau panjang sekolah kita tetap sejuk,” pungkasnya.

Selain menjadi pelopor sekolah berbasis alam di Subang, saat ini sekolah yang memiliki luas lahan sekitar 1 hektaran dan memiliki 20 ruang kelas tersebut menjadi sekolah yang membina sekitar 16 SMP yang berada di Subang untuk melakukan gerakan penghijauan di sekolah. (*)

Follow @rakyatsubang
Nama

Ayo Tebak,2,Berita,342,Bisnis,12,BPJS Ketenagakerjaan,1,Event,13,Feature,1,Fokus,7,Foto,52,Gaya Hidup,1,Hiburan,29,HL,21,Hotel,15,Hukum,13,Humas,9,Info,7,Kebakaran,6,Lintas,3,Lipsus,1,Masak Apa,1,Medsos,56,Mudik Lebaran 2015,19,Nasional,5,Nyindir,1,Olahraga,10,Oleh-oleh Subang,2,Opini,17,Pemerintahan,72,Peristiwa,73,Persib,8,Pilkades,3,Polisi,4,Politik,13,Profil Artis,5,Profil Tokoh,33,Ragam,36,Ramadhan,11,Sekolah,1,Situ,1,Suara Rakyat,2,Surat Pembaca,3,Teknologi,1,Tips,3,TNI,2,Video,7,Wisata,7,
ltr
item
RAKYATSUBANG.com: SMPN 1 Legonkulon, Sekolah Peraih Adiwiata Tingkat Nasional
SMPN 1 Legonkulon, Sekolah Peraih Adiwiata Tingkat Nasional
SMPN 1 Legonkulon, Sekolah Peraih Adiwiata Tingkat Nasional
http://2.bp.blogspot.com/-Pi2V9Se0JhM/VpBWGhtz7tI/AAAAAAAABAU/MdsXPwiKwDg/s640/Halaman%2Bdepan%2BSMPN%2B1%2BLegonkulon.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-Pi2V9Se0JhM/VpBWGhtz7tI/AAAAAAAABAU/MdsXPwiKwDg/s72-c/Halaman%2Bdepan%2BSMPN%2B1%2BLegonkulon.jpg
RAKYATSUBANG.com
http://www.rakyatsubang.com/2016/01/smpn-1-legonkulon-sekolah-peraih.html
http://www.rakyatsubang.com/
http://www.rakyatsubang.com/
http://www.rakyatsubang.com/2016/01/smpn-1-legonkulon-sekolah-peraih.html
true
6521730541519406406
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy