Tahun 2015, PNM Gencarkan Layanan ULaMM

Tahun 2015, PNM Gencarkan Layanan ULaMM

Tahun 2015, PNM Gencarkan Layanan ULaMM

RAKYATSUBANG.COM, Jakarta - Kelahiran PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM ini bertujuan untuk menciptakan sebanyak mungkin pengusaha baru dari kalangan usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi (UMKMK) dengan kemampuan yang ada berdasarkan kelayakan usaha serta prinsip ekonomi pasar. Dengan pengembangan model lembaga keuangan alternatif maka pendekatan pembiayaan yang dilakukan PNM tidak seperti pendekatan perbankan. Penguatan manajemen juga diberikan oleh PNM sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan penguatan permodalan.

PNM merupakan sebuah Lembaga Keuangan Khusus dimana keseluruhan sahamnya milik Pemerintah. Guna memperluas jangkauan layanan dan dukungan kepada UMK & Koperasi, serta menjaga kesinambungan perusahaan dengan akan berakhirnya pengelolaan Kredit Program eks Kredit Likuiditas Bank Indonesia (KLBI), sejak pertengahan tahun 2008 PNM melakukan transformasi bisnis antara lain dengan mereposisi bisnis dan memperluas layanan langsung kepada UMK melalui Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM).

ULaMM merupakan layanan pinjaman modal untuk usaha mikro dan kecil yang disertai bimbingan untuk mengembangkan usahanya. ULaMM merupakan model atau terobosan baru bagi PNM karena penyaluran pembiayaannya dilakukan secara langsung baik kepada perorangan atau pinjaman untuk Badan Usaha (PT, CV, Firma, dan lainnya).

Sebagai pilot project pada pertengahan tahun 2008 telah didirikan ULaMM di 12 wilayah di DKI dan Jawa Barat, ULaMM menjadi gerai layanan di bawah satu atap atau “One Stop Shopping” bagi para pengusaha mikro dan kecil karena ULaMM dilengkapi dengan berbagai dukungan teknis bagi peminjam. Tujuannya adalah membantu usaha mikro dan kecil agar terus berkembang sekaligus mempercepat kemajuan usahanya. Dukungan tersebut meliputi pemberian konsultasi, pelatihan, pendampingan maupun pengelolaan keuangan dan akses pasar.

ULaMM memberikan keuntungan yang nyata bagi para pengusaha mikro, karena syaratnya yang jelas dan mudah. Angsuran pun gampang, karena disesuaikan dengan kemampuan bayar dan hasil usahanya, mulai dari harian, mingguan, sampai bulanan. Sedangkan tingkat bunganya bisa diperbandingkan. Yang jelas, ULaMM memang khusus dirancang untuk meningkatkan gairah usaha dan kesejahteraan masyarakat.

Pada tahun 2015 ini, PNM gencar mempromosikan keunggulan produk Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) dan UMKM binaan hingga pelosok desa. Sejak PNM menggulirkan layanan pembiayaan langsung melalui UlaMM (Unit Layanan Modal Mikro) pada Agustus 2008, telah lebih 240.000 pelaku UMK mendapatkan dukungan pembiayaan dan pengembangan kapasitas usaha (capacity building). Tahun lalu, PNM menyalurkan pembiayaan melalui jaringan ULaMM hingga Rp3 triliun. Jumlah tersebut lebih tinggi 7,14 persen ketimbang target PNM yakni Rp2,8 triliun.

Hingga saat ini, layanan PNM telah memiliki 62 cabang yang menjangkau 28 provinsi, di 296 kabupaten dan menjangkau 2.973 kecamatan. Hingga penutupan bulan November tahun 2015, PNM telah menyalurkan modal usaha melalui ULaMM sejak awal berdiri pada tahun 1999 sebesar Rp15.46 Triliun dengan penerima manfaat ULaMM mencapai 2.532.161 pelaku UMK dan khusus di tahun 2015, PNM telah memiliki dan membina sebanyak 384.000 pelaku UMK.

Lalu, melalui komitmen penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp1 triliun dari pemerintah dan parlemen, PNM akan tetap pada tugas utamanya menyalurkan pembiayaan dan pemberdayaan usaha mikro dan kecil. Tugas itu diselaraskan dengan perkembangan dan pemanfaatan teknologi informasi (IT).

PNM akan menggunakan tambahan modal tersebut untuk memperluas jaringan ULaMM dengan menambah jaringan menjadi sebanyak 1.200 unit dan melayani serta mendukung UMK di hampir 4.500 kecamatan di seluruh provinsi di Tanah Air. Target peningkatan nasabah pun mencapai hingga 1.005.000 nasabah penerima manfaat yang akan menyerap 1.8 juta tenaga kerja di sektor UMK.“Demi memenuhi target itu, PNM pada tahun 2015 memekarkan jaringan cabang dari 26 menjadi 62 kantor," kata Direktur Utama PNM, Parman Nataatmadja.

Target ULaMM 2017

Dalam layanan jasa pembiayaan yang dilakukan PNM yang berskala mikro, maka diperlukan perluasan kantor Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga, pada tahun 2017 mendatang perluasan kantor ULaMM akan diperluas menjadi 1200 kantor. Hingga saat ini, PNM memiliki 714 kantor ULaMM yang melayani UMK di seluruh wilayah Indonesia.

“Perluasan kantor ULaMM ini berdasarkan titik-titik jaringan berdasarkan potensi-potensi wilayahnya. Kita sudah mempunyai program perluasan kantor ULaMM ini dan hal ini sudah disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Kementerian Keuangan,” kata Parman.

Pada saat ini, lanjut Parman, kantor ULaMM ini berada di 27 provinsi di Indonesia sehingga pada tahun 2017 diharapkan bisa menjangkau keseluruhan 34 provinsi di seluruh Indonesia. Wilayah yang belum mempunyai kantor ULaMM adalah Kepulauan Riau (Kepri), Bangka Belitung (Babel), Bengkulu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua dan Papua Barat.

“Oleh karenanya, dengan dana penyertaan modal negara senilai Rp1 Triliun yang bertujuan untuk pembiayaan modal kerja, namun selain itu, dibutuhkan juga untuk membangun kantor unit ULaMM tersebut. Hal ini dikarenakan UKM harus dekat dengan pasar yang ada dan pelaku usaha. Sehingga saya merasa optimis perluasan kamtor ULaMM ini akan tercapat pada tahun 2017 nanti,” ujar dia.

Dia juga menambahkan, tantangan di Masyarakat Eknomi ASEAN (MEA) sangatlah besar, dimana pelaku UKM tidak akan mudah untuk membangun jaringan secara langsung, sehingga tantangannya adalah bagaimana membangun jaringan terlebih dahulu sehingga memperluas jaringan ULaMM menjadi suatu hal yang penting. Namun, tantangan yang sulit bukanlah dari PNM – nya, namun justru dari pelaku UKM yang kompetensinya masih berada di bawah negara Thailand dan Malaysia.

“Kompetensinya dilihat dari berbagai hal seperti dalam hal produksi produk UKM, teknologi, pemasaran, social capital atau pembentukan jaringan sehingga dibutuhkan integrasi yang kuat antara pelaku UKM dengan pemerintah,” ungkap Parman.

Parman pun menjelaskan untuk mengatasi tantangan tersebut maka dibutuhkan dukungan non financial dalam rangka pengembangan usaha bagi UMKMK yang telah PNM berikan sejak awal berdiri di tahun 1999.

Selain aktifitas pembiayaan, kegiatan Jasa Manajemen yang dipadukan PNM dalam rangka pengembangan UMK, akan terus dikembangkan berupa Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Program PKU selain berupa Pelatihan dan Pendampingan Usaha, dibagi dalam dua kegiatan utama, yaitu; “Klasterisasi Teritorial” dan “Klasterisasi Sektoral Industri UMK” (One Village One Product – OVOP). Melalui pengembangan Klaster UMK ini, diharapkan akan menjadi motor percepatan aktifitas ekonomi lokal (daerah). Program klasterisasi diharapkan juga menjadi contoh pemerintah daerah untuk membentuk dan mengembangkan klasterisasi sejenis.

Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) sepanjang 2015 telah berhasil melaksanakan total pelatihan bagi UMK sebanyak 399 kali pelatihan yang melibatkan 19.293 pelaku Usaha Mikro dan Kecil nasabah ULaMM PNM. Untuk tahun 2015 ini perusahaan memang menargetkan 10.000 – 15.000 peserta pelatihan UMK.


Sedangkan, selama 2014 (Januari-Desember) telah berhasil melaksanakan total pelatihan bagi UMK sebanyak 331 kali Pelatihan yang melibatkan 15.381 pelaku Usaha Mikro dan Kecil nasabah ULaMM PNM.

Follow @rakyatsubang
Nama

Ayo Tebak,2,Berita,342,Bisnis,12,BPJS Ketenagakerjaan,1,Event,13,Feature,1,Fokus,7,Foto,52,Gaya Hidup,1,Hiburan,29,HL,21,Hotel,15,Hukum,13,Humas,9,Info,7,Kebakaran,6,Lintas,3,Lipsus,1,Masak Apa,1,Medsos,56,Mudik Lebaran 2015,19,Nasional,5,Nyindir,1,Olahraga,10,Oleh-oleh Subang,2,Opini,17,Pemerintahan,72,Peristiwa,73,Persib,8,Pilkades,3,Polisi,4,Politik,13,Profil Artis,5,Profil Tokoh,33,Ragam,36,Ramadhan,11,Sekolah,1,Situ,1,Suara Rakyat,2,Surat Pembaca,3,Teknologi,1,Tips,3,TNI,2,Video,7,Wisata,7,
ltr
item
RAKYATSUBANG.com: Tahun 2015, PNM Gencarkan Layanan ULaMM
Tahun 2015, PNM Gencarkan Layanan ULaMM
Tahun 2015, PNM Gencarkan Layanan ULaMM
http://3.bp.blogspot.com/-Vefc6x5TO80/Vcioors9dHI/AAAAAAAAAgo/dR0NtWoMZ_U/s640/PNM.png
http://3.bp.blogspot.com/-Vefc6x5TO80/Vcioors9dHI/AAAAAAAAAgo/dR0NtWoMZ_U/s72-c/PNM.png
RAKYATSUBANG.com
http://www.rakyatsubang.com/2015/12/tahun-2015-pnm-gencarkan-layanan-ulamm.html
http://www.rakyatsubang.com/
http://www.rakyatsubang.com/
http://www.rakyatsubang.com/2015/12/tahun-2015-pnm-gencarkan-layanan-ulamm.html
true
6521730541519406406
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy