Selasa, Desember 29, 2015

KPPN Purwakarta Serahkan 41 DIPA TA 2016 Untuk Subang

KPPN Purwakarta Serahkan 41 DIPA TA 2016 Untuk Subang

RAKYATSUBANG.COM - Proses penerbitan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Tahun 2016 sudah masuk ke taha akhir daei seluruh penyusunan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) untuk tahun 2016 ynag disusun berdasarkan Perpres no. 136 tahnu 2015 tentang rincian APBN tahun 2016. Hal tersebut disampaikan dalam acara Penyerahan DIPA tahun anggaran 2016 di ruang rapat Bupati Subang beberapa lalu.

Dari laporan yang disampaikan Kepala KPPN Purwakarta M. I Suryani bahwa pada tahun 2016 alokasi ke daerah dan dana desa meningkat secara signifikan dengan besaran dana untuk Kabupten Subang Sebesar 163,9 miliar. Sementara itu untuk peningkatan kualitas belanja sedang dilakukan perbaikan manajemen dan administrasi  perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan dengan melalui dengan melalui penyempurnaan keranggak pengeluaran jangka menengah dan penganggaran berbasisi kinerja melalui penataan Arsitektur dan Informasi Kinerja (ADIK), tujuannya untuk memperkuat antara outcome, output, aktivitas dan input serta monitoring dan evaluasi semakin diperkuat khusunya untuk encaritan anggaran. 

"DIPA yang diserahkan untuk wilayah Kabupaten Subang berjumlah 41 DIPA dengan total nilai pagu sebesar 661.74 miliar yang terdiri dari, DIPA untuk kantor pusat dan intasni vertikal di daerah berjumlah 35 DIPA dengan total nilai pagu sebesar 622.9 miliar dan DIPA untuk satuan kerja pemerintahan daerah terkait dengan dana tugas pembuatan dan urusan bersama berjumlah 6 DIPA dengan total nilai pagu sebesar 38.8 miliyar," ungkap Suryani disela-sela menyampiakan laporan.

Suryani juga menjerlaskan bahwa untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan APBD perlu dilakukan pelaksanaan kegiatan atau proyek tahun 2016, terutama untuk infrastruktur dan pengadaan barang dan jasa dalam sekala besar. "Proses perceptan tersebut dapat dilaksanakan dengan pengadaan barang/jasa sebelum tahun anggaran dimulai, namun untuk penandatanganan kontrak, baru dapat dilakukan setelah DIPA disahkan dan belaku efektif." imbuhnya.

Sementara itu Bupati Subang H Ojang Sohandi menyampaikan, dengan telah diserahkannya DIPA tahun 2016 ini, semoga kualitas, program kerja semakin meingkat dari tahun-tahun seblumnya, dan tidak lagi terjadi semua disibukan perdesember namun sudah direncanakan sebelum-sebelumnya.

"Seperti yang kita ketahui bahwa keniscayaan suatu organisasi tergantung dari anggaran, baik itu anggaran yang cukup atau yang selalu kurang, namun kedepan semoga apa yang kita tidak harapakan tidak terjadi ditahun 2016 dan efektifisan anggaran semakin terlaksana dengan baik dan kita juga harus selalu melaksanakan 4 kiat sukses dalam proses ini yaitu sukses dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pendataan," ujar Ojang. (humas)


Follow @rakyatsubang

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : KPPN Purwakarta Serahkan 41 DIPA TA 2016 Untuk Subang