Sabtu, November 28, 2015

Bikin e-KTP Lambat, Warga Subang Ngeluh

Bikin e-KTP Lambat, Warga Subang Ngeluh

RAKYATSUBANG.COM – Akibat lambatnya pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), membuat sejumlah warga di Kabupaten Subang ngeluh. Bahkan ada yang sudah setahun lebih tak kunjung selesai.

Warga Kampung Bakan Lio, Desa Sawangan, Kecamatan Cipendeuy, Ika Kanipa (26), mengatakan sudah melakukan pemotretan dan rekam sidik jari. Namun, sampai saat ini e-KTP tersebut tak kunjung selesai. Padahal dirinya sudah memohon e-KTP sejak setahun yang lalu. Dari mulai tingkat RT, desa sampai kabupaten.

 "Saya sudah bolak-balik Karawang-Subang untuk menanyakan kejelasan E-KTP itu," ujarnya yang menjadi buruh di Kabupaten Karawang tersebut, seperti dikutif dari Republika.co.id Jumat (27/11/2015).   

Menurut Ika, kondisi ini sangat merugikan. Dirinya yang menjadi buruh urban, sangat memerlukan kartu identitas ini. Saat ditanya kepada petugas, alasannya, bahannya sampai saat ini belum ada. Kondisi ini jelas sangat merugikan bagi masyarakat.

"Ada apa dengan pemerintah kita ini? Masa, membuat e-KTP sangat sulit sekali," ujarnya dengan nada tinggi. 

Kepala Disdukcapil Kabupaten Subang Dadang Kurnianudin, saat ini stok tinta sudah habis sejak 9 September lalu. Kondisi ini, sebenarnya telah dilaporkan ke Pemprov Jabar. Tetapi, sampai saat ini tak ada solusi.

Dirinya menambahkan, saat ini,  ada 6.000 pemohon e-KTP yang belum bisa terlayani. Alasannya, lebih dari sebulan alat pencetak e-KTP tak bisa dioperasikan.

"Lumpuhnya proses pencetakan e-KTP akibat kami kehabisan material tinta pencetakan," ujarnya. (*)


Follow @rakyatsubang

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bikin e-KTP Lambat, Warga Subang Ngeluh