Kamis, November 19, 2015

Besok UMK Ditetapkan, Gaji Buruh Subang Diperkirakan Diatas Rp 2 Juta

Besok UMK Ditetapkan, Gaji Buruh Subang Diperkirakan Diatas Rp 2 Juta

RAKYATSUBANG.COM – Setelah disepakati besaran Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dalam rapat pleno pada Selasa (17/11/2015) kemarin. Besok merupakan penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) dan diperkirakan gaji buruh Subang untuk tahun 2016 diatas Rp 2 juta.

Sekretaris DPC Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Subang, Hendri A Nasution mengaku optimistis, dengan ditetapkannya angka KHL sebesar Rp2,1 juta, besaran UMK 2016 pun bisa di atas Rp2 jutaan.

"Setelah KHL ditetpakan dengan besaran diatas Rp 2 juta, kami yakin UMK Subang bisa di atas Rp 2 jutaan nantinya," kata Hendri A Nasution, Kamis (17/11/2015).

Terkait penundaan penetapan UMK yang seharusnya diputuskan pada Selasa, namun diundur ke Jumat, itu diakibatkan persoalan keterbatasan waktu yang sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan rapat pleno lanjutan.

“Memang seharusnya UMK sudah bisa ditetapkan pada Selasa kemaren, namun karena ada beberapa hal, penetapannya diundur sampah Jumat besok. Kami berharap nantinya depekab bisa memenuhi harapan kaum buruh,” tambahnya.

Wakil Ketua Depekab Subang, H. Daeng Makmur mengatakan penetapan KHL sebagai acuan dasar untuk memutuskan besaran UMK 2016 sudah dilakukan dan telah disepakati.

"Setelah melakukan survei 60 item kebutuhan masyarakat termasuk nilai inflasi di beberapa pasar tradisionali.Akhirnya disepakati bahwa besaran KHL sebesar Rp2.119.429," katanya. (*)

Follow @rakyatsubang 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Besok UMK Ditetapkan, Gaji Buruh Subang Diperkirakan Diatas Rp 2 Juta