Sabtu, Oktober 03, 2015

Subang Ditargetkan Bebas Penyakit Kaki Gajah Tahun 2016

Subang Ditargetkan Bebas Penyakit Kaki Gajah Tahun 2016

RAKYATSUBANG.COM - Sebanyak 241 kabupaten/kota se-Indonesia termasuk Kabupaten Subang saat ini ternyata masuk dalam kategori wilayah endemik filariasis atau penyakit kaki gajah yang membutuhkan penanganan serius dari pemerintah.

Oleh karena itu, saat ini semua penduduk Subang harus diberi obat pencegah penyakit tersebut agar tidak terinfeksi penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk, karena jika sudah terinfeksi akan menyebabkan pembengkakan atau cacat permanen diwilayah kaki dan bagian tubuh lainnya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Subang, Budi Subiantoro, untuk meminimalisir penyebaran penyakit tersebut Pemkab Subang mengadakan Pencanangan Bulan Eliminasi Kaki Gajah Pemberian Obat Pencegahan Massal Filariassis Tingkat Kabupaten Subang yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

"Memang kita rutin setiap tahun mengadakan pencanangan bulan eliminasi kaki gajah. Ini dimaksudkan untuk meminimalisir penyebaran penyakit tersebut. Adapun untuk tahun ini acaranya langsung dibuka oleh bupati di Desa Padamulya Kecamatan Cipunagara pada Jumat kemarin," kata Budi Subiantoro, Sabtu (3/10/2015).

Dalam pencanangan eliminasi filariasis putaran ke V tahun 2015 tersebut, menurut Budi, tahun ini pemkab menargetkan pemberian obat kepada 1,3 juta penduduk Subang.

"Itu merupakan target yang harus tercapai agar Subang terbebas dari penyakit kaki gajah,” kata.

Menurut Budi, selama lima tahun berturut-turut pencanangan bulan eliminasi kaki gajah. Baru ditahun 2013 dan 2014 yang baru mencapai 80% dari jumlah sasaran dan 60% dari jumlah penduduk, sedangkan untuk tahun-tahun sebelumnya masih dibawah persentase tersebut.

"Intinya masyarakat harus mau minum obat yang kita (pemerintah) berikan," katanya.

Adapun untuk di Subang sendiri saat ini tercatat ada sebanyak 18 kecamatan yang masuk wilayah endemik kaki gajah. Oleh karena itu masyarakat harus minum obat filariasis sesuai aturan untuk mencapai target pada tahun 2016 Subang terbebas dari penyakit kaki gajah.

"Ini sangat mengkhawatirkan karena dari 18 kecamatan tersebut sampai tahun ini tercatat ada sebanyak 28 kasus yang terjadi," pungkasnya. (*)


Follow @rakyatsubang

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Subang Ditargetkan Bebas Penyakit Kaki Gajah Tahun 2016