Profil Bupati Subang Ojang Sohandi

Profil Bupati Subang Ojang Sohandi

Profil Bupati Subang Ojang Sohandi
RAKYATSUBANG.COM - Siapa sangka anak desa yang terlahir dari kelaurga sederhana, bernama Ojang Sohandi kini mampu memimpin Kabupaten Subang. Bahkan dalam kepemimpinannya saat ini Subang mulai berbenah kearah yang lebih baik dengan program andalan bernama Gapura yang merupakan kepanjangan dari Gerakan Pembangunan Untuk Rakyat.

Ojang Sohandi yang resmi dilantik menjadi Bupati Subang pada 19 November 2013 merupakan warga asli Desa Cibogo Kecamatan Cibogo, Subang. Anak kedua dari dua bersodara itu, lahir dari keluarga sederhana. Ayahnya Ukma Sopandi  dan ibunya Empay Icih.

Sebagai anak desa yang terpelajar, tekun dan disiplin, Ojang Sohandi  menyelesaikan pendidikannya dari mulai tingkat dasar di SDN Cibogo, SLTPN 1 Cibogo dan merupakan lulus SMAN 1 Subang. Setelah lulus SMA seterusnya melanjutkan pendidikan S1nya di STPDN. lalu melnjutkan S2nya di STIAMIK Jakarta dan lulus pada tahun 2007.

Karir pemuda kelahiran 27 Juli 1978 silam itu, sebelum terjun didunia politik sempat menjadi Ajudan Bupati pada masa kepemimpinan Eep Hidayat periode 2003-2008. Namun pada Pilkada Subang 2018, Eep Hidayat menggaet dirinya menjadi Wakil Bupati.  Dengan nomor urut 1 pada Pilkada tersebut Eep Hidayat maju kembali menjadi bupati Subang kedua kalinya yang berpasangan dengan Ojang Sohandi.

Nama Ojang Sohandi mulai banyak diperbincangkan publik saat bupati Eep Hidayat pada tahun 2011 diberhentikan sementara karena tersandung kasus korupsi dan membuat Ojang Sohandi secara otomatis menjadi pelaksana tugas (plt) bupati.  Tak lama kemudian setelah Eep Hidayat dinayatakan bersalah  atas tindak pidana korupsi oleh MA. Pada 9 Agustus 2012 Ojang Sohandi dilantik menjadi  Bupati Subang.

Mantap ingin memimpin Subang yang kedua kalinya, Ojang Sohandi kembali mencalonkan diri pada Pilkada Kabupaten Subang tahun 2013 berpasangan dengan Imas Aryumningsih. Nasib baik kembali berpihak kepada Ojang Sohandi, dirinya dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin Subang yang kedua kalinya. Selain dipercaya untuk memimpin Subang, Ojang Sohandi juga saat ini dipercaya menjadi Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Subang.

Ojang Sohandi yang sempat dinobatkan sebagai bupati termuda itu, selain sukses dikarir politiknya. Dirinya juga sukses menyunting Dewi Nurmalasari sebagai istrinya, hingga dikaruniai dua orang anak bernama Putra Deoz Raga Indaru dan putri Deoz Anindia maheswari.

Langkah Ojang Sohandi  menjabat bupati Subang yang kedua kalinya sangat mantap, bicarapun lantang, namun Ojag Sohandi tetap rendah hati, tidak sesumbar seperti politisi yang bicara ceplas ceplos. Ia merupakan orang santun, luwes dan selalu menghargai terhadap kawan dan lawan politik.

Saat ini Kabupaten Subang yang dipimpin oleh Ojang Sohandi memiliki misi PRO RAKYAT yang merupakan kepanjangan dari  Peningkatan kegiatan keagamaan dan pendidikan yang berakhlakul karimah;  Rehabilitasi saran umu;  Optimalisasi percepatan desa/kelurahan mandiri gotong royong;  Responsif terhadap aspirasi masyarakat untuk meningkatkan pembangunan;  Aktualisa potensi budaya lokal kabupaten Subang;  Kuatkan kelembagaan ekonomi kerakyatan di masyarakat;  Yakinkan masyarakat untuk tetap berkarya dan lebih mencintai Subang;  Akselerasi pembangunan insprastruktur yang berbasis gotong royong;  Tingkatkan kualitas sumber daya manusia, aparatur pemerintah dan masyarakat yang kompetitif dan kreatif.

Adapun dalam strategi pembangunan Kabupaten Subang  dibawah kepemimpinan  Ojang Sohandi memiliki 5 Gapura yang merupakan kepanjangan dari Gerakan Pembangunan Untuk Rakyat. Kelima Gapura tersebut yakni  Gapura Permata (pemerintah bermartabat; Gapura Intan (Infrastruktur Berkelanjutan); Gapura Emas (Ekonomi Masyarakat); Gapura Perak (Pendidikan untuk Rakyat) dan Gapura Serasi (Sehat, rapih, bersih dan Indah).


Kabupaten Subang yang memiliki misi Pro Rakyat dan program Gerakan Pembangunan Untuk Rakyat tersebut saat ini dikategorikan sebagai Kabupaten terluas se-Purwasuka (Purwakarta, Subang dan Karawang) dengan luas sekitar 2.052 km², selain itu Subang merupakan wilayah terlengkap karena memiliki daerah laut, daratan dan pegunungan. 

Kata Ojang Sohandi Soal Gapura

Dibawah kepemimpinan Bupati Subang, Ojang Sohandi meluncurkan beberapa program unggulan, salah satunya program Gapura dan untuk mendukung program tersebut setiap kantor pemerintahan baik desa, kecamatan dan dinas di Kabupaten Subang diwajibkan untuk dibagun gerbang Gapura disetiap pintu masuknya. Dibangunnya Tugu Gapura disetiap kantor pemerintahan tersebut merupakan implementasi dari Program Gapra.

“Iya, semua kantor pemerintahan yang berada di Kabupaten Subang wajib menggunakan gerbang Gapura, karena itu ikon program kita. Bahkan di setiap desa sudah kita anggarkan Rp50 juta untuk membuat gerbang gapura itu,” katanya.

Pembangunan gerbang Gapura tersebut, menurut Ojang, bisa di artikan dalam simbol kebersamaan dan keseragaman yang harus diangkat. Karena saat ini masih ada beberapa desa yang sampai puluhan tahun tidak membangun.

“Nah dengan dianggarakannya untuk pembangunan gapura itu, merupakan implementasi dari sebuah keseragaman,” tuturnya.

Menurutnya, aset terbesar dalam sebuah organisasi bisa diukur dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliknya. Maka dari itu untuk meningkatkan SDM tersebut dibuatlah ikon Kabupaten Subang yakni Gapura. Dengan program tersebut, lanjut Ojang, diharapkan kedepannya semua masyarakat bisa lebih kompak dalam segala hal untuk membuat Subang menjadi Kabupaten yang menjadi contoh pembangunan bagi kabupaten lainnya.

“Inspirasi tugu Gapura itu saya dapat setelah melihat tugu warisan jaman P & T-Land (Pamanoekan & Tjiasem-Land, red) di Big House, bentuk gapuranya berbeda dengan yang lain dan itu simbol satu-satunya Kabupaten Subang yang tersisa,” jelas Ojang.

Tugu gapura yang memiliki tiga tahap tersebut merupakan simbol Kabupaten Subang yang memiliki lautan, pegunungan dan daratan dan yang bagian paling atas merupakan simbol padi yang merupakan kebanggaan masyarakat Kabupaten Subang.

“Tugu gapura itu memiliki tiga tahap dan tahap ketiga ada simbol padinya. Kenapa simbol padi, karena Subang merupakan lumbung padi nasional,” pungkasnya. (*)

***Sumber: Harian Umum Karawang Bekasi Ekspres Edisi 1 September 2015
Follow @rakyatsubang
Nama

Ayo Tebak,2,Berita,343,Bisnis,12,BPJS Ketenagakerjaan,1,Event,13,Feature,1,Fokus,7,Foto,52,Gaya Hidup,1,Hiburan,30,HL,21,Hotel,15,Hukum,13,Humas,10,Info,7,Kebakaran,6,Lintas,3,Lipsus,1,Masak Apa,1,Medsos,56,Mudik Lebaran 2015,19,Nasional,5,Nyindir,1,Olahraga,10,Oleh-oleh Subang,2,Opini,17,Pemerintahan,72,Peristiwa,73,Persib,8,Pilkades,3,Polisi,4,Politik,15,Profil Artis,5,Profil Tokoh,33,Ragam,36,Ramadhan,11,Sekolah,1,Situ,1,Suara Rakyat,2,Surat Pembaca,3,Teknologi,1,Tips,3,TNI,2,Video,7,Wisata,7,
ltr
item
RAKYATSUBANG.com: Profil Bupati Subang Ojang Sohandi
Profil Bupati Subang Ojang Sohandi
Profil Bupati Subang Ojang Sohandi
https://1.bp.blogspot.com/-KE9nd3ahJT0/VhJWvI_tG5I/AAAAAAAAAxE/nmtp0eWKabs/s640/Ojang.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-KE9nd3ahJT0/VhJWvI_tG5I/AAAAAAAAAxE/nmtp0eWKabs/s72-c/Ojang.jpg
RAKYATSUBANG.com
http://www.rakyatsubang.com/2015/10/profil-bupati-subang-ojang-sohandi.html
http://www.rakyatsubang.com/
http://www.rakyatsubang.com/
http://www.rakyatsubang.com/2015/10/profil-bupati-subang-ojang-sohandi.html
true
6521730541519406406
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy