Jumat, September 04, 2015

Pilkades Serentak Akan Dilaksanakan di 34 Desa

Pilkades Serentak Akan Dilaksanakan di 34 Desa

RAKYATSUBANG.COM - Sebanyakan 34 desa yang berada di Kabupaten Subang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 20 Desember 2015.

Menurut Kepala Sub Bagian (Kasubag) Pemerintahan Desa, Dadan Dwiyana, dari sebanyak 34 desa yang akan menggelar Pilkades tersebut diantaranya ada yang sudah dijabat pjs dan ada pula baru berakhir masa baktinya tahun ini.

"Sesuai aturan, kan dalaam rengtang waktu enam tahun sesuai massa jabatan kades, pemerintah pusat memberikan waktu kepada daerah untuk menggelar pilkades serentak tiga kali. Itu artinya di Subang pilkades serentak akan dilaksanakan pada tahun 2015, 2017, dan 2019," jelas Dadan Dwiyana.

Menurut Dadan, dalam aturan, kades terpilih masih bisa mengikuti pilkades berturut-turun tiga periode, dan masa jabatan setiap periodenya selama enam tahun. Persyaratan kesehatan calon kini harus dibuktikan dengan hasil general chek up, tidak seperti sebelumnya cukup dengan keterangan kesehatan.

"Memang dalam pilkades nanti tidak boleh ada calon tunggal, minimal dua orang dan maksimal 5 orang. Apabila lebih dari lima orang akan diterapkan seleksi tambahan untuk menjaringnya," katanya.

Bupati Subang, Ojang Sohandi menambahkan, bahwa dalam pelaksanannyaa nanti untuk masalah administrasi akan ditangani oleh pemerintah.

"Sedangkan untuk masalah lainnya, seperti masalah hukum, itu akan kita serahkan kepada penegak hukun, polisi dan kejaksaan," katanya. (*)

Follow @rakyatsubang

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pilkades Serentak Akan Dilaksanakan di 34 Desa