Selasa, September 08, 2015

Mahasiswa STIP AN Jakarta Gelar PKL di Subang

Mahasiswa STIP AN Jakarta Gelar PKL di Subang
RAKYATSUBANG.COM - Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara (STIP AN) Jakarta melaksanakan Peraktek Kerja Lapangan (PKL) dan penelitian mahasiswa di Kabupaten Subang.

Sekolah yang berbasis seperti Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negri (STPDN) ini melaksanakan PKL ditiga kecamatan di Subang yaitu Kecamatan Pagaden, Pagaden Barat dan Cipunagara. Sejumlah 118 mahasiswa atau paraja akan ditempatkan antara desa yang berada ditiga kecamatan tersebut.

Penerimaan PKL STIP AN tersebut dilaksanakan di Aula Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Subang dalam bentuk Pembekalan Peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Penelitian Mahasiswa STIP AN tahun 2015 oleh Bupati Subang H. Ojang Sohandi. S. STP, M.Si.

Ada beberapaka pokok pengenalan dan pembekalan yang diberikan langsu oleh Bupati Ojang, yang diantaranya mencakup program lima Gapura yang menjadi program unggulan Pemerintah Kabupaten Subang.

Prof. Dr. Cahya Supriatna selaku ketua sekolah STIP AN menyampaikan bawa kegiatan PKL ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan diluar Jabodetabek dan difokuskan disatu wilayah kabupaten dan dari 118 mahasiswa yang melaksanakan PKL terdapat 3 orang yang sudah menjadi PNS serta almni yang sudah ditempatkan diintansi pemrintahan.

"Ini merupakan kali pertama penyelenggaraan PKL yang difokuskan disatu Kabupaten dan dilaksanakan diluar wilayah Jabodetabek,  dan PKL ini merupakan bentuk pelatihan untuk dipemerintahan nantinya dan merupakan sesutau yang sangat strategis," ujar Cahya, Selasa, 8/9/2015.

Sementara itu Bupati Subang H Ojang Sohandi yang menerima rombongan PKL dan memberikan pembekalan landung yang didampingi oleh Asisten Tata Praja (ASDA I) Drs. Cecep Supriatin mengungkapkan, dirinya secara pribadi dan banyak staf yang ada dilingkungan Setda Kabupaten Subang merupakan saudara dekat, karena pernah mengalami pendidikan yang serupa dan berbasis sama di STPDN .

Selanjutnya, Ojang juga menjelaskan bagaimana keadaan ekonomi, letak geografis, mata pencaharian mayarakat Subang, serta menjelaskan 5 Program gapura, beberapa hal yang telah dicapai dan keadaan Pemerintah,

"Perlu adek-adek ketahui bahwa Subang merupakan bagian integral di Indonesia dan Jawa Barat, karena untuk wilyah Jabar, Subang merupakan satu-satunya kabupaten yang memiliki 3 potensi, yaitu Pengunungan, lautan dan pesawahan. Subang juga menjadi lumbung padi untuk Jabar dan nasional yaitu dengan perolehan padi 180 ribu lebih ton padi." ungkap Ojang.

Ojang juga menambahkan ada 5 program Gapura yang dicanangkan Pemkab Subang, yaitu Gaputa Emas, Perak, Intan, Serasi, Permata, dan Pemkab Subang juga telah mejadi kabupaten halal dan dinyakatakn sebagai kabupaten sehat oleh Dinas Kesehatan Provinsi jabar tiga tahun berturut-turut. Pemerinah Subang juga telah memberikan beasiwa penuh untuk siswa yang berprestasi ke jerman, dan mencanangkan 35 miliyar untuk beasiswa dalam negri. (humas)

Follow @rakyatsubang 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mahasiswa STIP AN Jakarta Gelar PKL di Subang