Sabtu, Agustus 08, 2015

ULaMM PNM Membangun Strategi Pemasaran UMK Soloraya

ULaMM PNM Membangun Strategi Pemasaran UMK Soloraya
RAKYATSUBANG.COM - Solo, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM terus berkomitmen dalam meningkatkan kompetensi serta kapasitas pelaku usaha mikro kecil (UMK) melalui pengembangan potensi sumber daya lokal, Sabtu (8/8/2015).
                
Solo, selain terkenal sebagai salah satu destinasi kota wisata, terkenal juga sebagai salah satu kota produktif yang memiliki pertumbuhan positif pada sektor UMK. Melihat kondisi perekonomian makro saat ini, pengembangan sektor UMK dirasa sangat perlu di SoloRaya khususnya. ULaMM PNM melalui pelaksanaan Program Pengembangan Kapasitas Usaha,  selalu berkomitmen untuk mengambil peran dalam pembangunan perekonomian bangsa melalui pengembangan UMK dengan memberikan modal motivasi, edukasi, serta memberikan solusi-solusi strategis guna pemberdayaan serta mengembangkan UMK kearah yang lebih maju dan memiliki kompetensi daya saing lebih.

Melihat tren pertumbuhan pelaku UMK di wilayah Jawa Tengah, kali ini PNM cabang Solo dapat melaksanakan kembali Program Pengembangan Kapasitas Usaha dan mendapat antusiasme tinggi dari Aria Bima salah satu anggota MPR/DPR RI yang turut memberikan arahan serta motivasi kepada pelaku UMK binaan ULaMM PNM di SoloRaya khususnya memberikan secara langsung arahan serta wawasan mengenai pentingnya penerapan pemasaran produk yang efektif bagi para pelaku usaha mikro dan kecil di SoloRaya.

Haryono, Pemimpin PNM Cabang Solo mengatakan “kondisi persaingan yang semakin ketat sehingga dituntut kejelian dari para pelaku UMK untuk lebih kreatif dalam melakukan terobosan pemasaran. Karena itu, kami tidak hanya memberikan dukungan berupa modal usaha, tetapi juga membekali pelaku UMK binaan ULaMM PNM khususnya untuk dapat mengembangkan serta mengasah kemampuan metode pemasaran para pelaku UMK,”

“Seiring dengan terus bertumbuhnya profitabilitas perusahaan, kami pun terus akan meningkatkan program pendampingan kepada UMK secara terus menerus, yang bertujuan untuk mengasah kualitas serta mentalitas pelaku UMK di Solo Raya khususnya,” lanjut Haryono.
Aria Bima, Anggota Komisi VI DPR-RI, 

“Saya pribadi sangat mendukung penuh apa yang telah dilakukan oleh ULaMM PNM dalam mengembangkan pelaku UMK, harapan saya dan juga para dewan anggota lainnya, PNM harus lebih gencar menggalakan aktivitas program pengembangan Kapasitas usaha seperti ini bukan hanya di kota besar, bahkan harus menjangkau sampai ke pelosok daerah yang belum tersentuh lembaga perbankan."

Arief Mulyadi, Executive Vice President PT PNM (Persero) mengatakan, Salah satu faktor yang melandasi pelaksanaan PKU adalah karena umumnya pelaku UMK belum dapat melaksanakan usaha dan produksinya secara optimal, baik karena masalah modal kerja, minimnya teknologi, dan terbatasnya akses pasar. “Harapan kami, melalui Program seperti  ini dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia pelaku UMK, khususnya dalam melakukan pemasaran hasil usaha mereka. Pemahaman dan pengalaman itulah yang coba PNM bagi kepada UMK yang hadir kali ini,” ujarnya.

“PNM tahun ini telah dipercaya oleh legislator untuk dapat mengelola Penyertaan Modal Negara untuk pengembangan UMK. oleh karena kepercayaan tersebut, kami menargetkan akan melatih sekitar 230.000 pelaku UMK, serta akan menambah sebanyak 721 kantor guna melayani pelaku UMK seluruh Indonesia, dan juga menambah bentuk program Pengembangan Kapasitas Usaha dengan mengadakan studi banding bagi UMK ke Negara tetangga di Asia Tenggara” jelasnya.

Disampaikan pula pencapaian kinerja pembiayaan PNM cabang Solo hingga Juli 2015 berhasil mencatatkan total outstanding pembiayaan sebesar Rp 140,8 miliar dengan total nasabah penerima manfaat pembiayaan sebanyak 2.422 nasabah. Secara kumulatif sejak tahun 2012, PNM cabang Solo telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 522,8 miliar dengan total nasabah sebanyak 8.452 nasabah.

Adapun PT.Permodalan Nasional Madani (Persero) sendiri merupakan sebuah Lembaga Keuangan Khusus yang sahamnya 100% milik Pemerintah. Tugas utama PNM adalah memberikan solusi pembiayaan pada Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK) dengan kemampuan yang ada berdasarkan kelayakan usaha serta prinsip ekonomi pasar.

Dengan dukungan Pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia, PNM dikelola dengan prinsip-prinsip profesionalisme, transparansi, dan good corporate governance siap melangkah memasuki era Indonesia Baru, menuju masyarakat Madani yang dicita-citakan. (*)

Penulis: rakyatsubang.com
Follow @rakyatsubang

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : ULaMM PNM Membangun Strategi Pemasaran UMK Soloraya