Selasa, Agustus 04, 2015

Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat Subang Dinilai Masih Rendah

Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat Subang Dinilai Masih Rendah
RAKYATSUBANG.COM - Tingakat konsumsi ikan di kabupaten Subang masih rendah, sehingga pemerintah terus berusaha mengenalkan pentingnya memakan ikan untuk kesehatan masyarakatnya. Salah satu cara untuk lebih mengenalkan khasiat dari memakan ikan yaitu pemerintah Kabupaten Subang melaksanakan program Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) di depan kantor Skertariat Daerah Kabupaten Subang, Selasa (4/8/2015). 

Program ini merupakan program kementrian Kelautan dan Perikanan dalam meningkatkan konsumsi ikan di Indonesia. Tujuan dilaksanakannya Gemarikan ini ialah untuk meningkatkan kegemaran memakan ikan, khususnya masyarakat Kabupaten Subang.  Dengan cara mengenalkan berbagai jenis olahan masakan ikan, baik itu berupa makan lauk pauk, kue dan bahan olahan ikan lainanya. tidak hanya itu Gemarikan ini bertujuan juga untuk meningkatkan produksi ikan di Subang juga adanya dukngan dari pemerintah tingkat kabupaten  menumbuh kembangkan produksi ikan di Subang. 
         
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir Musril selaku ketua Gemarikan dikabupaten Subang menyatakan bahwa kosumsi ikan khusunya di kabupaten Subang tergolong rendah, karena pemasaran ikan masih berupa ikan mentah. 

"Subang dalam mengkonsumsi ikan tergolong masih rendah, karena pemasarannya masih berbentuk ikan segar, apalagi anak-anak yagn benci baunya misalkan serta belum banyak berbentuk pemansaran olahan ikan lainya, selain itu juga diharapkan dengan adanya gerakan gemar makan ikan ini juga akan adanya peningkatan gizi masyarakat." ungkpanya. 

Dalam kegiatan ini selain mengenalkan tentang kandungan dalam ikan, juga diadakan lomba memasak yang diikuti  ibu-ibu penggerak PKK dikabupaten Subang. Semua bahan masakan terbuat dari ikan yang sudah dimasak sebelumnya, tidak dimasak ditempat, dan terdiri dari tiga jenis masakan yaitu menu untuk keluarga, balita dan kudapan dan dinilai oleh 3 juri yamg terdiri dari Ahli Gizi, Ahli Perikanan, Cheef, hadiah berupa piagam, piala dan uang serta untuk juara satu akan dikirim untuk mengikuti lomba memasakan ikan ditingkat Provinsi.

Kemudian ir Muhamadad zaini selaku perwakilan dari Direktorat Jenderal Pemasaran dalam negri menyampaikan bahwa konsumsi ikan di Indonesia masih sangat dibawah negara-negara lain seperti malaysia.

"Konsumsi ikan diindonesia masih sangat rendah dibandingkan negara-negara lain seperti malaysia, jepang apalagi korea, sehingga tingkat kecerdasan IQ kita masih kalah dibandingkan negara lain. karena dalam ikan mengandung asam amino yang sangat baik untuk kecerdasan. dan untuk meningkatkan hal tersebut kita kementrian perikanan juga memiliki program mendirikan tempat khusu kuliner ikan, karena pada saat ini wilayah yang paling rendah mengkonsumsi ikannya ialah wilayah jawa dan jogja," ujarnya.

Sementara itu Bupati subang mengungkapkan Kabupaten Subang merupakan daerah yang memiliki pesawahan, pegunungan dan laut, dan bila ditingkatkan terus, Subang akan menjadi kabupaten termaju di Jawa Barat.

"kita merupakan lumbung padi nasional dan juga menjadi penditribusi ikan terbesar, maka bila kita tingkatkan, maka akan tidak mungkin Subang menjadi kabupaten termaju di jawa barat." ungkapnya.

Ojang juga berharap dengan dilaksanakannya Gemarikan ini minat masyarkat dalam mengkonsumsi ikan menjadi pilihan utama bagi masyarakat sehingga kedepa akan terlahir generasi muda sehat dan cerdas. Selepas acara tersbut, ibu-ibu PKK langsung memberikan kejutan kue ulang tahun kepada istri bupati subang Ojang Sohandi, Ibu Dewi Ojang Sohandi yang pada hari ini genap berusia 32. (humas)


Follow: @rakyatsubang

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tingkatkan Konsumsi Ikan Masyarakat Subang Dinilai Masih Rendah