Rabu, Agustus 19, 2015

Masyarakat Harus Tahu: Tradisi Gotong Royong di Subang Jadi Percontohan di Indonesia

Masyarakat Harus Tahu: Tradisi Gotong Royong di Subang Jadi Percontohan di Indonesia

RAKYATSUBANG.COM - Tingkat gotong royong masyarakat di Indonesia khusunya Kabupaten Subang semakin berkurang, apalagi didaerah perkotaan yang umunya masyarakat sibuk dengan kerjaan dan aktivitas masing-masing. 

Untuk mencegah hal tersebut hal tersebut Pemkab Subang yang bekerjasama dengan Uiversitas Pindidikan Indonesia (UPI) dan Dinas Pendidikan Kab. Subang,  dengan bentuk pengabdian masyarakat mengadakan acara workshop penguatan hidup bergotong royong melalui pendidikin, Rabu (19/8/2015).

Acara workshop yang dilaksanakan di Aula Setda Subang ini diikuti oleh guru-guru sekolah yang berada dibawah naungan Disdik Subang, dengan tujuan agar guru-guru tersebut mampu meningkatkan kembali rasa gotong royong dari sejak anak-anak atau remaja sehingga cita-cita Subang yang memunyai slogan rakyat Subang gotong royong Subang maju ini bisa terus dipertahankan.

Bupati Subang H Ojang Sohandi yang membrikan sambutan pada acara tersbut menyampikan bahwa Subang merupkana kabupaten yang menjadi bahan percontohan di Indonesia.

"Sebagian dari kita tentu masih ingat dengan acara bulan bakhti gotong royong pertama kali tahun 2005 oleh bupati Eep Hidayat di Tanjungsiang yang merupakan bahan atau cikal bakal adanya bulan bakti gotong royong tingkat nasional oleh presiden Megawati pada saat ini, tentu kita sebagai kabupaten pengagas gotong royong marilah kita terus tingkatkan hal tersbut dari sejak kecil yaitu dengan memberikan workshop ini kepada para pengajarnya." ungkapnya.

Ojang juga menambahkan bahwa tugas gotong royong dimulai dari Sekolah-sekolah, dan gotong royong bukan perintah dari Bupati atau Pemerintah melinkan di perintahkan langsung dalam Al-qu'an.

"Gotong Royong merupakan perintah dalam Al-qura'an, dan berikan pengajaran kepada anak-anak didik seperti yang sudah sering saya sampaikan yaitu dengan tidak hanya memberikan pengajaran tapi juga lakukanlah pelatihan dan berikan pengasuhan kepada anak-anak, sehingga tidak hanya gotong royon, rasa hormat kepada guru seperti dulu akan kembali lagi, tidak seperti sekarang yang anak sekolah saat bertemu gurunya hampir acuh tak acuh," imbuhnya.

Ojang juga berharap setelah selesainya acara ini kita bisa menyadari pentingnya gotong royong, dan selogan Subang gotong royong Subang maju bisa terus kita pertahankan dan bukan merupakan sebuah bentuk selogan saja. (humas)

Follow @rakyatsubang

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Masyarakat Harus Tahu: Tradisi Gotong Royong di Subang Jadi Percontohan di Indonesia