Kamis, Agustus 13, 2015

Buruh Subang Anggap Aturan BPJS Meugikan Buruh

Buruh Subang Anggap Aturan BPJS Meugikan Buruh

RAKYATSUBANG.COM - Ratusan buruh Subang yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Subang melakukan aksi kompoi mengeliling kota Subang. Aksi tersebut mereka lakukan untuk mempertanyakan kejelasan aturan BPJS Ketenagakerjaan yang baru.

Massa buruh menganggap aturan BPJS Ketenagakerjaan yang baru dianggap tidak jelas. Bahkan sangat merugikan buruh, seperti apa yang tertuang dalam PP No 46 Tahun 2015 tentang Jaminan Hari Tua (JHT) yang dinilai merugikan buruh.

"Iya, masa kita harus menunggu sampai 10 tahun untuk menunggu pengambilan JHT. Itupun baru bisa 10% diambilnya karena kita (pekerja, red) harus menungu dulu sampai usia 56 tahun jika ingin mengambil JHT keseluruhan, ini sangat merugikan," kata Seketaris DPC SPSI Subang, Hendri, Rabu (12/8)

Oleh karena itu, Hendri mendesak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Subang dan pemerintah untuk segera menerbitkan peraturan penggati PP No 46 tahun 2015 tersebut dengan peraturan yang lebih memiihak kepada buruh.

"Kita ingin kejelasan masa depan kita. Jangan sampai buruh memiliki masa depan tidak jelas dengan adanya peraturan baru tersebut," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga massa buruh mempertanyakan kejelasan tentang Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang saat ini pada kenyataanya tidak bisa dicover semua.

"Iya, sampai saat ini JKK juga tidak jelas aturannya. Banyak buruh yang harus membiayai sendiri karena tidak tercover oleh JKK," katanya.

Setelah berkonvoi kekeling kota Subang buruh mendatangi Dinas Ketenaga Kejaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), DPRD Subang dan terakhir Pemda Subang.

Saat berorasi didepan Pemkab Subang, massa buruh diterima oleh Sekda Subang, Abdurakhman. Menurutnya semua masukan dari buruh akan ditindaklanjuti.

"Kami akan tindaklanjuti, semuanya akan diperhatikan. Kami akan menerima semua aspirasi dari masyarakat termasuk buruh." Katanya. (*)


Reporter: Rakyat Subang
Follow @rakyatsubang

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Buruh Subang Anggap Aturan BPJS Meugikan Buruh