Kamis, Juli 02, 2015

Wagub Jabar Himbau Galian C Ilegal di Ranggawulung Untuk Pindah Lokasi

RAKYATSUBANG.COM - Melanggar perda tata ruang, salah satu titik galian C yang berada di Kampung Pasirkolecer Kelurahan Cigadung Kecamatan Subang, Kamis (2/7) dihimbau Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar untuk pindah lokasi.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar bersama rombongan dari Provinsi dan Pemkab Subang melakukan insfeksi mendadak (sidak). Adapun sidak yang dipimpinnya langsung dan didampingi langsung oleh Kasatpol PP Jawa Barat, Udjwalaprana Sigit, Wakil Bupti Subang, Hj Imas Aryumningsi dan Kasatpol PP Kabupaten Subang, Asep Setia Permana itu langsung meninjau lokasi galian pasir milik pengusaha Marcus Dacosta Bello dengaan melihat kondisi langsung galian yang berada dibukit hutan kota Ranggawulung.

"Galian ini selain tidak memiliki izin juga melanngar perda. jadi harus ditutup dan dipindah loasi. Jadi jangan ada anggapan jika ditutup masyarakat sekitar dan pekerja tidak bisa makan setelah ditutup itu namanya musrik," kata Deddy Mizwar.

Tidak ada alasan lain, galian yang melanggar tata ruang harus dipindah. jangan sampai melanggar peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

"Kitakan negara hukum, jadi harus harus patuh pada peraturan dan jangan melanggar. Apalagi sanksinya sudah jelas," tambahnya.

Kepala Satpol PP Subang, Asep Setia Permana mengatakan pengusaha galian Jangan main-main, apabila membandel. Sesuai UU No. 4 Tahun 2009 Tentang Pertmbngn Mineral dan Batu Bara Bab XXIII Ketentuan Pidana Pasal 158 "Setiap orang yang melakukan usaha penambngan tanpa IUP, IPR, atau IUPK sabagmana dimaksud dalam pasal 40 ayat (3), pasal 67 ayat (1), pasal 74 ayat (1) atau ayat (5) dipidana degan pidana penjara 10 tahun dan denda paling banyak Rp10.000.000.000.

"Aturannya sudah jelas, jadi kepada pengusaha jangan membandel. Untuk saat ini kita sudah melakukan penutupan terhadap sebanyak 21 galian C ilegal yang tersebar diseluruh wilayah Subang," katanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Wagub Jabar Himbau Galian C Ilegal di Ranggawulung Untuk Pindah Lokasi