Jumat, Juli 17, 2015

Tradisi Berburu Koin Usai Ziarah Kubur

RAKYATSUBANG.COM - Tradisi ziarah kubur mungkin menjadi kebiasaan bagi sebagian umat muslim diseluruh Indonesia. Tak terkecuali di Kabupaten Subang, berbagai cara dilakukan oleh keluarga yang masih hidup untuk mendoakan keluarganya yang sudah meninggal.

Ziarah kubur usai sholat Idul Fitri merupak salah satu cara untuk mendoakan keluarga yang sudah terlebih dahulu dipanggil oleh sang Pencipta. Dalam ziarah kubur biasanya keluarga mendoakan yang sudah meninggal dengan cara membaca beberapa bacaan dalam al-quran dan doa-doa kebaikan untuk orang yang sudah meninggal.

Hampi semua wilayah di Subang mungkin memiliki tradisi yang sama dalam berziarah. Namun dibeberapa wilayah rupanya ada sedikit perdaan yang menarik untuk dibahas.

Seperti halnya tradisi ziarah kubur yang berada di salah satu TPU yang berada di Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden, Subang. Ziarah kubur didesa tersebut memang biasa dilakukan seperti ziarah kubur pada umumnya. Namun jangan kaget karena setelah warga selesai memcakan do'a, puluhan anak diwilayah dekat makam akan memburu koin yang disimpan peziarah.

Walaupun aktivitas anak-anak sekitar makan bisa mengganggu kekhusukan dalam berdoa. Namun para peziarah sudah terbiasa dengan hal demikian dan tradisi berburu koin usai ziarah menjadi tradisi yang selalu dilakukan anak-anak di desa tersebut  sampai saat ini. (*)

Follow: @rakyatsubang

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tradisi Berburu Koin Usai Ziarah Kubur