Selasa, Juli 28, 2015

Tidak Miliki Izin, Pengusaha Minimarket di Subang Terancam DIpidana

Tidak Miliki Izin, Pengusaha Minimarket di Subang Terancam DIpidana
RAKYATSUBANG.COM -Banyak toko modern atau minimarket yang tidak memilliki izin alias bodong, membuat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Subang gencar melakukan aksi penutupan. Bahkan saat ini pihaknya menyatakan sudah mengantongi calon tersangka dalam persoalan minimarket tersebut.

Menurut Penyidik PNS Satpol PP Subang, Dadeng Supriatna, saat ini pihaknya sudah memanggil manajemen salah satu brand (merk) minimarket untuk dimintai keterangan sebagai saksi. Pemanggilan tersebut dilakukan karena pengusaha tersebut membandel dan tetap membuka usahanya tanpa mengindahkan aturan.

"Pemanggilan itu kita lakukan karena pengelola (pengusaha) minimarket ilegal yang saat ini operasionalnya sudah kita tutup. Namun malah membandel," kata Dadeng Supriatna.

Selain karena membandel, pemanggilan pihak minimarket diwakili Legal Manager Cabang Karawang yang membawahi tiga wilayah operasi, yakni Karawang, Purwakarta dan Subang tersebut, Satpol PP juga mengumpulkan bukti-bukti untuk diajukan keranah hukum.

"Iya, dalam pemeriksaan itu, kami menelusuri dan menanyakan kepada saksi  siapa pihak yang bertanggungjawab dan memerintahkan agar minimarket yang sudah kami tutup itu dibuka kembali," tuturnya.

Sementara ini, saksi masih bungkam dan tidak mau membuka identitas. Malahan saksi sendiri yang mengaku bertanggungjawab.

"Tapi kami tidak yakin, dia kan bawahan, jadi ini pasti ada kesepakatan yang tidak benar," tambahnya.

Dia menegaskan, oknum yang memerintahkan agar minimarket kembali beroperasi pasca ditutup, maka oknum itulah tersangkanya. Untuk memastikan tersangka, pihaknya akan segera memanggil Kepala Cabang (Kacab) dan Wakil Kepala Cabang (Wakacab) minimarket bersangkutan guna diperiksa.

Kemudian, ketiga pihak tersebut, yakni Kacab, Wakacab dan Legal Manager, akan dikonfrontir keterangannya, sehingga bakal diketahui pelaku yang sesungguhnya bertanggungjawab.

"Tapi dari hirarki perusahaan, kami sudah tahu pelakunya, calon tersangkanya," tegas Dadeng.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Subang, Asep Setia Permana, menegaskan, setelah penetapan tersangka, pihaknya segera melimpahkan berkas perkara minimarket ilegal ini kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Subang untuk ditindaklanjuti. Begitu berkasnya sudah dinyatakan P21 (lengkap), maka kasus itu langsung dilimpahkan ke Pengadilan Negeri untuk disidangkan.

"Saat ini, kami masih terus melengkapi berkas dan bukti-bukti yang diperlukan untuk menghadapi persidangan nanti. Mereka (pengusaha minimarket ilegal,red) mengajak bertemu di pengadilan, di persidangan. Ya silahkan, kami siap ladeni," pungkasnya. (*)


Follow: @rakyatsubang

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tidak Miliki Izin, Pengusaha Minimarket di Subang Terancam DIpidana