Sabtu, Juli 25, 2015

Subang Punya "Taman Jomblo" Ini Wujudnya

Subang Punya "Taman Jomblo" Ini Wujudnya
RAKYATSUBANG.COM - Sebuah patung laki-laki yang membawa sebuah cangkul diatas pundaknya mungkin terlihat biasa. Namun yang menarik, saat ini patung yang berada diperempatan lampu merah Tugu Tani, Jl. Otto Iskandardinata itu tidak memiliki pasangan seperti pada saat sebelum direnovasi.

Tiba-tiba setelah dilakukan renovasi, patung yang berada di Tugu Tani itu berubah menjadi patuh seorang diri, yakni patung seorang petani yang tidak memiliki pasangan alias jomblo. Padahal sudah berpuluh-puluh tahun patung ditugu tersebut berpasangan yakini seorang pak tani dan istrinya.

"Petaninya jadi jomblo, sekarang dia kasihan ditinggal istrinya. Jadi berasa ada yang hilang, kan sebelumnya patung itu ada dua," kata salah seorang pemuda asal Subang, Yudi.

Memang tidak menjadi masalah apakah patung yang sudah menjadi salah satu ikon kota Subang itu mau ada pasangannya atau tidak. Namun jika suatu ikon berubah dari yang sudah biasa dilihat masyarakat akan sangat menjadi aneh.

"Sebenarnya tidak apa, tapi ada yang aneh saja kalau melihat patung itu. Ada yang kurang gitu," tuturnya.

Warga lainnya, Fitri Lestari mengatakan keberadaan patung tani tersebut saat ini sudah menjadi perbincangan masyarakat, apalagi dimedia sosial. Patung kebanggan Kabupaten Subang tersebut saat ini dikenal dengan patung jomblo.

"Banyak yang sebut patung itu lagi menduda alias menjomblo. Soalnya sekarang pak tani ditugu itu sendirian, dulukan berdua sama istrinya," kata ibu-ibu rumah tangga asal Kelurahan Karanganyar, Subang itu.

Fitri menambahkan, saat ini kondisi patung tersebut bisa dibilang lebih bagus dari kondisi sebelumnya yang dipandang sudah tua dan catnya suda memudar. Kondisi patung saat ini sudah bagus.

"Kalau menurut saya lebih bagus sekarang, namu iya, itu ada yang kurang kenapa ibu taninya hilang, kan kasihan bapa taninya," tuturnya.

Kabid Kebersihan Dinas Tata Ruang dan Kebersihan (Distarkimsih) Kabupaten Subang, Tian Muarianto mengatakan memang tugu tani yang berada di Jl. Otto Iskandardinata termasuk dalam salah satu taman yang tahun ini direnovasi. Hal itu dilakukan untuk meremajakan sejumlah taman yang sudah lama tidak direnovasi.

"Iya, tugu tani yang ada patung petaninya itu masuk dalam daptar taman kota yang tahun ini direnovasi. Tahun inikan pemkab berencana merenovasi taman yang sudah ada dan membuat beberapa taman baru," katanya.

Adapun untuk anggaran merenovasi dan membuat taman baru dipusat kota Subang itu, menurut Tian Pemkab Subang sudah mengangarkan Rp6 miliar, anggaran tersebut digunakan untuk renovasi dan membuat taman baru.

"Akhir tahun semua taman selesai. Kita harapkan taman-taman yang ada di kota Subang itu bisa dimanpaatkan dengan baik oleh masyarakat," pungkasnya. (Koran Karawang Bekasi Ekspres)


Follow: @rakyatsubang

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Subang Punya "Taman Jomblo" Ini Wujudnya