Senin, Juli 06, 2015

Pemkab Subang Siapkan 6 Titik Posko Kesehatan Gratis Bagi Pemudik

RAKYATSUBANG.COM - Untuk mengatisipasi terjadinya permasalahan kesehatan yang dialami para pemudik saat mudik lebaran tahun ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Subang telah menyiapkan satu posko mudik di salah satu pintu tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan limaposko lainnya tersebar di Pantura dan Subang selatan.

Keberadaan posko kesehatan yang nantinya bertugas untuk menangani permasalahan kesehatan yang dialami para pemudik saat melintasi wilayah Subang tersebut, selalu ada saat musim mudik tiba. Tak terkeculai untuk musim mudik tahun 2015.

Kepala Dinkes Kabupaten Subang, Budi Subiantoro mengatakan, memang saat ini pihaknya sudah menyiapkan sebanyak enam poskomudik yang salah satunya berada di pintu tol Cipali diwilayah Cilameri, Subang. Sedangkan untuk kelima posko lainnya berada di RM Niki wilayah Patokbeusi, RM Markoni wilayah Pamanukan, Posko RM Alam Sari wilayah Kalijati, posko Ciater dan posko Dinkes Subang.

"Iya, sebanyak enam posko sudah kita siapkan dan posko tersebut mulai beroprasi pada 12-25 Juli tahun 2015. Semoga dengan adanyaposko tersebut beberapa masalah kesehatan yang dialami pemudik bisa teratasi," kata Budi Subiantoro.

Adapun untuk tenaga medis disetiap posko tersebut nantinya akan diperbantukan satu dokter dan dua orang perawat dengan sistem dua shif. Pelayanan posko 24 jam tersebut selain dibantu oleh dokter akhli disetiap satu titik posko. Semua tenaga ahli dari puskesma juga dilibatkan.

"Di posko itu, ada perawat dan dokter. Semua kita libatkan, bahkan semua perawatnya kita ambil dari seluruh puskesmas yang ada di Subang," tuturnya.

Keberadaan posko yang mulai beroprasi mulai tanggal 12 Juli tersebut menurut Budi, saat ini masih dalam tahap pembangunan posko. Semua peralatan yang dibutuhkan untuk perlengkapan disetiap posko saat ini sudah disiapkan dan keenam posko tersebut sudah diap dibangun.

"Kita siap menghadapi mudik tahun ini, posko kesehatan sudah siap melayani pemudik sesuai dengan tanggal yang sudah kita tentukan. Jadi bagi pemudik yang melintasi wilayah Subang dan mengalami masalah kesehatan jangan khawatir kita siap melayani," pungkasnya. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pemkab Subang Siapkan 6 Titik Posko Kesehatan Gratis Bagi Pemudik