Selasa, Juli 07, 2015

Duh, Kemenag Subang Tahan Tunjangan Sertifikasi Guru Agama

RAKYATSUBANG.COM  - Dana sertifikasi tak kunjung cair, ratusan guru honorer dari berbagai madrasah mendatangi kantor Kementrian Agama (Kemenag) Subang, Selasa (7/7/2015).

Kedatangan ratusan guru madrasah tersebut diketahui karena Kemedag diduga menahan dana sertifikasi mereka tahun 2015 selama dua bulan terakhir dan belum cairnya tunggakan sertifikasi tahun 2014 selama empat bulan lebih.

"Inikan semakin dekat lebaran, kebutuhan semakin mendesak. Tapi pemerintah malah nahan-nahan hak kami," kata salah seorang guru honorer, Nartajudin.

Menurut Nartajudin, seharusnya dana sudah diterima para guru madrasah non PNS sebesar Rp1,5 juta per bulan. Namun hingga Juli 2015, dana tersebut baru cair untuk empat bulan, yakni Januari-April. Sedangkan untuk Mei dan Juni belum juga cair sampai sekarang.

"Udahmah tahun lalu juga pemerintah masih nunggak, eh yang tahun sekarang belum cair juga, kita minta kejelasan hak kita," tambahnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Kemenag Subang, Ahmad Sukandar, membantah sengaja memerlambat pencairan dana sertifikasi tersebut. Menurutnya keterlambatan tersebut dikarenakan adanya kekurangan anggaran yang mencapai Rp29 miliar dari total kebutuhan yang seharusnya. Kekurangan sebesar itu untuk alokasi pembayaran tahun 2015 dan sisa tunggakan tahun 2014.

"Jadi, tidak betul kalau ada yang menuduh kami sengaja memerlambat pencairan atau bahkan mengendapkan dana tersebut di rekening. Rekeningnya kan bukan milik pribadi, tapi pemerintah, keterlambatan itu disebabkan adanya kekurangan anggaran yang dialokasikan untuk membayar sertifikasi," katanya. (*)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Duh, Kemenag Subang Tahan Tunjangan Sertifikasi Guru Agama