Senin, Juni 15, 2015

Setelah Diresmikan Jokowi, Tol Cipali Gratis Selama Seminggu

RAKYATSUBANG.COM -Jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) secara resmi telah dibuka untuk umum oleh Presiden Ri, Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (13/6). Setelah dibuka tol sepajang 116,75 kilometer yang melewati lima kabupaten termasuk Subang itu digratiskan untuk umum selama seminggu.

Peresmian tol yang menghubungkan daerah Cikopo di Purwakarta dengan Palimanan di Cirebon itu, langsung dilakukan oleh Jokowi dengan didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan di depan pintu masuk tol Cikopo di Purwakarta.


“Ini akan sangat membantu memperlancar arus mudik, kareana tol ini akan sangat epektif mengurangi kemacetan yang selama ini sering terjadi di jalur Pantura. Apalagi, keberadaan tol ini, akan mengurangi jarak tempuh sekitar 40 kilometer dari jalur biasa di Pantura,” kata Jokowi saat meresmikan tol Cipali,

Hadir pula dalam peresmian tol tersebut lima bupati yang wilayahnya terlewati tol, yakni bupati Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon. Tol  yang dipresdiksi akan sangat membantu memperlancar arus mudik Lebaran tahun ini tersebut akan sangat berpengaruh dalam mengurangi kemacetan yang sering terjadi di jalur Pantura selama araus mudik lebaran.

"Ini adalah tol kebanggaan Indonesia. Setelah dibuka, selama tuju hari kedepan tol ini digratiskan," sambungnya. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, menambahkan, bahwa pemerintah telah menetapkan tarif tol Cipali melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Besaran tarif yang telah ditentukan untuk melintasi tol terpanjang di Indonesia tersebut sebesar Rp 96 ribu untuk golongan I. Tarif tol Cipali yang pengerjaannya menghabiskan waktu Sembilan tahun tersebut memang terbilang cukup mahal, namun tarif tersebut sudah sesuai bahkan pengusaha memberikan diskon antara 25-30 persen dari harga tarif tol biasa.

“Iya, memang untuk tariff tol jarak tempuh terpanjang itu Rp96 ribu. Harga tersebut sebenarnya sudah dikanakan diskon sebesar 30 persen. Karena sesuai intruksi presiden, bahwa pengusaha tol harus memberikan diskon kepada pengguna tol ini, dan mereka setuju,” katanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Setelah Diresmikan Jokowi, Tol Cipali Gratis Selama Seminggu