Kamis, Juni 11, 2015

Bendungan Leuwi Nangka Sudah Empat Tahun Tidak Diperbaiki

RAKYATSUBANG.COM - Keberadaan bendungan Leuwi Nangka  yang berada di Kampung Warasan, Kelurahan Dangder, Subang harus segera diperbaiki. Jika tidak diperbaiki, ribuan hektar sawah di tiga kecamatan terancam kekeringan.
Bendungan yang mengairi 4.387 hektare di wilayah Kecamatan Subang, Pagaden dan yang terbesar di Kecamatan Pagaden Bara sudah empat tahun tidak diperbaiki. Akibatnya bendungan tersebut tidak berfungsi dengan baik.
Salah seorang warga Pagaden Barat, Sugiarto mengatakan seudah empat tahun, setiap musim panen kedua atau musim kemarau, pesawahan di wilayahnya selalu kekeringan, akibat fungsi bendungan Leuwi Nangka sebagai penampung air saat musim kemarau sejak empat tahun tidak berfungsi seperti biasanya dikarenakan sudah jebol.
“Sudah empat tahun tidak diperbaiki, pernah diperbaiki tapi jebol lagi. Kita sebagai petani meminta kepada pemerintah untuk memperhatikan permasalahan ini,” kata Sugiarto kepada KBE, Selasa (9/6).
Dirinya berharap perbaikan bendungan tersebut bisa secepatnya terealisasi kareana jika dibiarkan terus menerus, petani yang memanfaatkan bendungan itu untuk mengairi sawahnya akan sangat kesulitan untuk mencapai swasembada beras seperti apa yang digembar-gemborkan presiden.
“Kita inginnya perbaikan bendungan itu cepat direalisasikan karena sudah dari empat tahun lalu mau diperbaiki tapi sampai sekarang belum terealisasi. Kita mendesak pemerintah untuk memperbaiki bendungan itu,” katanya.
Kabid Sumber Daya Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Subang Hendrawan mengatakan, memang keberadaan bendungan tersebut sangat berpengaruh terhadap ribuan areal  pesawahan yang membutuhkan air saat musim panen kedua tiba.
“Memang ketiga kecamatan itu sangat bergantung kepada bendungan itu untuk mengairi sawahnya. Maka dari itu sangat perlu sekali perbaikan permanen terhadap bendungan itu,” katanya.
Sekda Subang H. Abdurakman mengatakan perbaikan bendungan Leuwi Nangka akan segera dilaksanakan, bahkan saat ini perbaikan sudah mulai dilakukan. Semua perbaikan tersebut dananya berasal dari anggaran pusat.
“Mudah-mudahan tahun ini selesai, karena bendungan itu memang sangat berpengaruh terhadap ribuan hektar areal pesawahan saat musim kemarau," katanya. (KBENews)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bendungan Leuwi Nangka Sudah Empat Tahun Tidak Diperbaiki