Rabu, Mei 27, 2015

Dana Pilkades Serentak Rp1,2 Miliar

RAKYATSUBANG.COM - Untuk melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada tahun ini, Pemkab Subang menganggarkan Rp1,120 miiar yang diambil dari APBD tahun anggaran 2015. Dana itu nantinya akan dibagi ke seluruh desa yang ada di Kabupaten Subang.
Pelaksanaan pilkades serentas tersebut merupakan sebagai amanat peraturan pemerintah No 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang akan mulai dilaksankan di tahun ini.
“Pilkades serentak tersebut merupakan amanat Undang-Undang Desa dan untuk beban biaya penyelenggaraan pilkades itu telah dianggarakan jumlahnya sekitar Rp1 miliaran,” kata Bupati Subang, Ojang Sohandi, Jumat (23/1).
Untuk persiapan pelaksanaan pilkades serentak yang pertama kali akan dilaksankan ditahun 2015 ini, pemerintah akan melakukan inventarisasi kepala desa yang habis masa jabatanya tahun ini, kemudian akan dilakukan sosialisasi ke desa-desa tersebut.
“Kita akan lakukan sosialisasi menganai hal ini, setelah perda desa dan perbubnya sebagai pedoman teknis ditetapkan,” tuturnya.
Selama itu, untuk pelaksanaan pilkades, anggaran biaya ditanggung oleh para calon kepala desa, yang keseluruhanya dibagi rata antar calon, tergantung dari jumlah calon yang mengikuti pelaksanaan pilkades. “Kita berharap semua berjalan lancar, tidak ada gangguan apapun,” tambahnya.
Selain itu terkait ususlan pembentukan tim sengketa pilkades pihaknya menganggap itu sangat perlu sebagai implementasi dari amanat pasal 37 ayat 6 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.
“Kalau soal pembetukan tim sengketa, kita berpendapat pembentuan tim keanggotanya dari berbagi bidang karena kami anggap ini perlu karena nantinya harus ada tim yang bisa menangani disemua bidang,” tandasnya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dana Pilkades Serentak Rp1,2 Miliar